Home » Techno » Generasi Sekarang Lebih Rela Putus Cinta Dibanding Kehilangan Smartphone

Generasi Sekarang Lebih Rela Putus Cinta Dibanding Kehilangan Smartphone



Jakarta – Jaman millenial seperti saat ini memang tak mudah terlepas dari peran telepon genggam alias ponsel alias smartphone. Pasalnya hamper semua aspek kehidupan menggunakan gadget.

Generasi Sekarang Lebih Rela Putus Cinta Dibanding Kehilangan Smartphone

Ilustrasi

Berbeda dengan jaman dahulu dimana kebutuhan untuk membeli ponsel alias smartphone merupakan salah satu kebutuhan yang dianggap mewah sehingga tak sembarang orang dapat membelinya. Masalah yang paling sering dihadapi pada jaman dulu juga terkait interaksi komunikasi yang secara langsung seperti putus cinta misalnya.

Namun kini yang namanya putus cinta bukan menjadi suatu masalah. Masalah yang dianggap paling berat yang dihadapi manusia jaman serba teknologi ini adalah masalah kehilangan ponsel alias smartphone.

Fenomena ini tertuang dalam laporan perusahaan keamanan cyber, Kaspersky Lab, yang meneliti masalah terberat apa yang membebani masyarakat modern untuk sekarang ini. Survei mengungkap, kehilangan smartphone beserta foto-foto yang disimpan di dalamnya lebih menyedihkan dibanding perasaan saat putus cinta.

Kapersky telah melakukan survei secara online ke 17 negara, Indonesia termasuk salah satunya. Survei dilakukan ke lebih dari 16.000 responden berusia di atas 16 tahun dengan proporsi seimbang antara pria dan wanita.

“Studi menunjukkan masyarakat modern menilai perangkat elektronik dan foto di dalamnya lebih berharga ketimbang pasangan, teman, atau hewan peliharaan,” tulis laporan penelitan Kaspersky, Selasa (25/04/2017).

Selain itu, foto-foto yang tersimpan secara digital juga menjadi aset terpenting bagi penggunanya. Bahkan, menurut eksperimen dari University of Wuerzburg, masyarakat modern rela menjual fotonya.

Baca juga : Hasil Survei Menunjukkan Lebih Pilih Putus Cinta Daripada Kehilangan Ponsel

Pada survei ini juga, Kaspersky meminta koresponden mengungkap harga bagi foto-foto yang disimpan di smartphone. Kebanyakan foto itu adalah foto keluarga, teman, dan juga foto pemandangan saat berlibur.

Anehnya, banderol foto yang dijual tidak begitu tinggi, padahal mereka mengklaim kehilangan foto-foto juga menjadi momok besar yang mengakibatkan kesedihan.

Adapun harga foto dilego sebesar 10,37 euro atau setara dengan Rp 150.000, sedangkan kontak di smartphone ternyata juga dijual dengan harga sekitar 11,89 euro atau Rp 170.000.

Selain smartphone dan foto, berikut daftar 10 masalah besar yang membebani kehidupan masyarakat modern:
1. Anggota keluarga yang sakit atau meninggal dunia
2. Perangkat elektronik (smartphone, tablet, komputer) hilang atau dicuri
3. Foto digital yang tak di-back-up hilang
4. Putus cinta
5. Akun media sosial di-hack
6. Kehilangan kontak di smartphone yang tak di-back-up
7. Bertengkar dengan teman, pasangan, atau anggota keluarga
8. Kecelakaan mobil
9. Suasana buruk di tempat kerja
10. Hewan peliharaan sakit atau meninggal dunia
(Muspri-sisidunia.com)