Home » News » Fosil Telur Dinosaurus Berumur 70 Juta Tahun Ditemukan di China

Fosil Telur Dinosaurus Berumur 70 Juta Tahun Ditemukan di China



Jakarta – Sebuah fosil telur dinosaurus yang berumur 70 juta tahun ditemukan di lokasi konstruksi di China Tenggara. Lima buah telur itu terkubur di batu pasir di kota Foshan di Provinsi Guangdong, China di kedalaman sekitar 8 meter atau 26 kaki.

Fosil Telur Dinosaurus Berumur 70 Juta Tahun Ditemukan di China

Penemuan fosil Telur di China

“Kami menemukan lima telur, tiga hancur tapi masih bisa terlihat. Dua lainnya memiliki jejak di atas batu, telurnya berbentuk bulat, milik dinosaurus pemakan tumbuhan fitofag,” kata peneliti Qiu Licheng dari Institut Arkeologi Guangdong seperti dikutip dari Sciencealert, Senin (24/4/2017).

Para ilmuwan berpikir bahwa mereka tersembunyi sejak periode Cretaceous. Penyebab rusak tersebut diklaim karena tertimbun tanah, dengan permukaan kulit yang masih terlihat, dan bagian dalam telurnya dipenuhi batu.

Ilmuwan belum dapat memastikan mengenai umur telur tersebut. Kini fosil sedang diteliti di museum lokal. Ini bukan kali pertama telur hewan yang sudah punah itu ditemukan di bagian China.

Telur dinosaurus telah ditemukan sejak 1980 di belahan dunia. Sebelumnya pada 2015, kota Heyuan menemukan telur terbesar di dunia sebanyak 43 buah.

“Ada dua hal yang spesial dari Sanshui Basin, Foshan; satu, kaya akan mineral, dua di antaranya kaya akan fosil, seperti telur dinosaurus dari periode Cretaceous atau fosil ikan dari periode Paleogene,” ujar kepala ahli geologi Foshan, Liu Jianxiong.

(bens – sisidunia.com)