Home » News » Ini Harapan Jokowi Usai Meresmikan Pasar Klewer

Ini Harapan Jokowi Usai Meresmikan Pasar Klewer



Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Pasar Klewer di Kota Solo, Jumat (21/4/2017). Pasar tersebut dibangun ulang setelah sempat terbakar pada penghujung 2014 silam.

Ini Harapan Jokowi Usai Meresmikan Pasar Klewer

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Pasar Klewer

Jokowi menuturkan, pasar tersebut merupakan salah satu ikon dari Kota Solo. Karenanya, dia berpesan meskipun Pasar Klewer tradisional, tapi tak boleh kalah dengan mal-mal besar yang ada di sekitarnya.

Baca juga : Polisi Gerebek Siswa SMP Yang Berencana Gelar Pesta Narkoba

“Pasar ini adalah ikon Kota Solo dan tidak boleh kalah dengan mal-mal besar. Pasar Klewer harus menjadi pasar tradisional yang modern dan aman. Pelanggan dan pembeli datang aman, tidak ada yang kecopetan,” ujar Jokowi, dalam sambutan saat peresmian pasar itu.

Pasar Klewer tidak hanya menjual produk-produk yang berasal dari Kota Solo, tapi juga daerah lain. Di antaranya Sragen, Karanganyar, Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Tegal, Pekalongan, Jepara, dan Cirebon.

“Ini menampung produk-produk rakyat untuk dipasarkan, baik untuk pasar dalam negeri maupun ekspor,” ungkap Jokowi.

Untuk diketahui, sepuluh persen dana revitalisasi Pasar Klewer dibiayai APBD Kota Solo, yakni sebesar Rp 16 miliar. Sementara sisanya, dibantu APBN. Model pendanaan seperti ini juga dilakukan di luar pulau Jawa, seperti Papua, Aceh.

Usai meresmikan Pasar Klewer, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana berkeliling untuk melihat kios-kios baru. Hadir juga Mufidah Jusuf Kalla dan sejumlah menteri serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo. (bens – sisidunia.com)