Home » Hiburan » Mengapa 31 Tahanan Dipindahkan Secara Mendadak ?

Mengapa 31 Tahanan Dipindahkan Secara Mendadak ?



Jakarta – Kepolisian Resor Blitar mendadak memindahkan 31 tahanan ke Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Blitar lantaran rencana petugas Polda Jawa Timur yang akan melakukan audit dan pemeriksaan ruang tahanan. Langkah ini menyusul insiden kaburnya belasan orang tahanan di wilayah hukum Malang.

Mengapa 31 Tahanan Dipindahkan Secara Mendadak ?

Gambar ilustrasi

“Perincianya 28 orang tahanan dari Polres dan 3 orang tahanan Polsek Garum,“ ujar Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya kepada wartawan, Kamis (20/4/2017).

Baca juga : Ratusan Rumah Warga Bogor Rusak Akibat Puting Beliung

Adapun jarak tempuh polres dan lapas sekitar 17 kilometer. Dengan satu unit truk, satu unit mobil tahanan serta pengawalan puluhan petugas bersenjata lengkap, para tahanan dipindahkan.

Sedikitnya 10 petugas Shabara mengendarai motor trail bertindak sebagai pembuka jalan. Para tahanan yang sebagian besar pelaku narkoba itu satu persatu masuk ke dalam lapas. Menurut Slamet para tahanan berstatus tahanan titipan.

“Kita titipkan kurang lebih 4-5 hari sampai audit dan pemeriksaan ruang tahanan selesai,“ jelasnya.

Audit dan pengecekan ruang tahanan akan berlangsung menyeluruh. Pembenahan akan langsung dilakukan pada ruang yang dinilai tidak layak. Evaluasi terhadap personil pengamanan, kata Slamet juga akan dilakukan. Langkah ini sebagai antisipasi insiden kaburnya 17 tahanan di Polres Malang.

“Ini akan berlangsung di Polres hingga polsek polsek,“ pungkasnya.

(bens – sisdiunia.com)