Home » Gaya Hidup » Unik, Inilah Wujud Ayam Terkecil di Dunia

Unik, Inilah Wujud Ayam Terkecil di Dunia



Jakarta – Ada satu jenis spesies ayam yang ukurannya hanya satu kepalan tangan orang dewasa. Ayam itu berasal dari hasil persilangan, dan kini banyak dipelihara di Indonesia.

Unik, Inilah Wujud Ayam Terkecil di Dunia

Ayam serama

Ayam tersebut adalah ayam serama, merupakan salah satu ayam hasil persilangan asal Malaysia. Ayam serama ada sejak tahun 1970-an dan sekarang sudah mulai banyak dipelihara di Indonesia.

Ayam serama hanya memiliki berat maksimal 500 gram. Bahkan rata-rata beratnya mulai 350 gram saja! Warna ayam serama biasanya hitam dan merah, dengan kaki yang kecil dan pendek. Ukurannya jauh berbeda dengan ayam ukuran normal.

Meski begitu, serama memiliki ekor yang cantik dan sayap yang bagus. Serama juga sangat jinak dan baik untuk dipeliara. Meski sedikit manja, ayam serama mampu mengenali pemiliknya dengan baik. Ayam serama juga sangat aktif dan lincah bergerak ke sana dan ke mari.

Ayam serama termasuk jenis ayam yang pemberani dan berjalan tegap. Ia tidak pernah malu-malu, lo, teman-teman. Seekor ayam serama senang membusungkan dada hingga kepalanya hampir menyentuh ekor. Maka, ayam ini kemudian sering diikutsertakan dalam kontes oleh para pemiliknya.

Ayam unik yang lucu satu ini ternyata memiliki harga cukup mahal. Harga seekor ayam serama bisa mencapai puluhan juta. Bahkan, di Indonesia sudah ada ayam serama yang dihargai hingga 100 juta Rupiah. (bens – sisdiunia.com)