Home » News » Hanya 2,5 Jam, 17 Tahanan Mapolres Malang Berhasil Kabur

Hanya 2,5 Jam, 17 Tahanan Mapolres Malang Berhasil Kabur



Malang – Standard Operasional Prosedur penjagaan tahanan di Mapolres Malang perlu dipertanyakan. Pasalnya, sebanyak 17 tahanan berhasil kabur dari dalam sel dan hanya butuh waktu sekira 2,5 jam saja.

Hanya 2,5 Jam, 17 Tahanan Mapolres Malang Berhasil Kabur

Gambar ilustrasi

Dari keterangan Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, rentang waktu tahanan yang kabur ini diperkirakan antara pukul 01.30 WIB hingga pukul 04.00 WIB, Rabu (19/4/2017).

Baca juga : Adanya Pengalihan Isu Terkait Kasus Siwi SMKN 3 Bunuh Diri

Ujung mengatakan, ke-17 tahanan itu menggergaji teralis dan menjebol plafon kamar mandi. Setelah itu, para tahanan melompat keluar dari atas plafon yang tingginya sekira 4-5 meter. Kemudian mereka keluar pagar melalui selokan yang berbatasan langsung dengan sungai.

Kapolres menegaskan, setiap malam ada enam personel yang menjaga dan khusus jaga tahanan dua personel. Tak hanya itu, sistem checklist juga setiap dua jam sekali dan harus dikontrol baik jumlah tahanan, ruangan, plafon, dan lain-lain.

“Terakhir kontrol jam 12 malam,” kata Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, Rabu (19/4/3017).

Ujung berharap tahanan yang kabur segera menyerahkan diri dalam tempo 1×24 jam sebelum ada tindakan tegas dari pihak kepolisian. (bens – sisidunia.com)