Home » Techno » Facebook Gunakan Teknologi VR Yang Diberi Nama Spaces

Facebook Gunakan Teknologi VR Yang Diberi Nama Spaces



Jakarta – Keingingan Facebook untuk membeli Oculus sempat menuai pertanyaan dari beberapa pihak tiga tahun lalu. Pasalnya, bagaimana bisa sebuah layanan media sosial dapat memanfaatkan teknologi virtual reality (VR).

Facebook Gunakan Teknologi VR Yang Diberi Nama Spaces

Spaces, sosial media yang gunakan teknologi VR

Namun pertanyaan itu terjawab setelah Facebook memperkenalkan layanan jejaring sosial baru untuk Oculus. Layanan bernama Spaces ini merupakan produk yang menggabungkan teknologi VR dengan media sosial.

Baca juga : Smartphone Produksi China Ini Mulai Diburu Orang Indonesia. Mengapa ?

Seperti yang dikutip Tech Crunch, Kamis (20/4/2017), layanan tersebut memungkinkan pengguna Oculus terhubung dengan akun Facebooknya dan mendapatkan pengalaman memakai media sosial dengan cara berbeda.

Pengguna Facebook tak lagi berkomunikasi dengan memanfaatkan aplikasi chatting. Pengguna dapat ditampilkan dalam sebuah avatar dan komunikasi akan dilakukan melalui suara, layaknya percakapan biasa.

Melalui aplikasi ini, ada empat pengguna Facebook yang dapat terhubung di dalam sebuah grup. Masing-masing pengguna dapat mengobrol, menggambar, menonton video 360, membuat panggilan video, termasuk selfie dengan memakai avatar pengguna.

Untuk saat ini, Spaces baru dapat digunakan melalui Oculus Rift. Namun menurut penuturan Product Manager Mike Booth, pihaknya mengingingkan layanan ini dapat tersedia untuk platform VR lain.

Meski demikian, dapat dipastikan layanan ini tak akan tersedia untuk platform VR berbasis smartphone karena perbedaan spesifikasi. Lebih lanjut Booth juga menuturkan Spaces merupakan langkah awal Facebook dalam pengembangan media sosial berbasis VR.

Saat ini, pegawai Facebook yang bekerja untuk mengembangkan media sosial berbasis VR masih sekitar 30 hingga 50 orang. Namun mengingat pertumbuhan VR masih berlangsung secara bertahap, kemungkinan jumlah pegawai juga akan bertambah. (bens – sisidunia.com)