Home » News » Namanya Sudah Terdaftar, Menteri Susi Pudjiastuti Batal Ikut Ujian Paket C

Namanya Sudah Terdaftar, Menteri Susi Pudjiastuti Batal Ikut Ujian Paket C



Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sudah dipastikan batal untuk mengikuti ujian paket c atau ujian persamaan untuk mendapatkan ijazah SMA. Salah satu alasannya karena Menteri Susi sudah menyandang gelar doktor honoris causa dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang sejak 3 Desember 2016 lalu.

Namanya Sudah Terdaftar, Menteri Susi Pudjiastuti Batal Ikut Ujian Paket C

Menteri Susi Pudjiastuti

Tempat ujian tersebut sedianya berlangsung di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Bina Pandu Mandiri di SMAN 1 Ciamis pada Sabtu-Minggu 15-16 April 2017.

“Beliau (Susi Pudjiastuti) menyatakan mundur. Salah satu alasannya, sudah ada gelar doktor honoris causa,” kata Ketua Yayasan PKBM Bina Pandu Mandiri, Didi Ruswendi, saat ditemui di Islamic Center Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (18/04/2017).

Kartu ujian untuk Susi, kata Didi, sudah terbit dan telah tercatat pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Susi juga sudah memiliki NISN atau nomor induk siswa nasional.

“Bangku ujian sudah disediakan,” ujar Didi.

Didi menjelaskan, Susi mendaftarkan diri ke PKBM pada Juli 2015 atau tahun ajaran 2015-2016. Saat itu, Susi menyerahkan persyaratan berupa fotokopi ijazah SMP, dan surat keterangan pernah duduk di bangku SMA 1 Yogyakarta.

Baca juga : Menteri Susi Merasa Terharu Mendapat Gelar Doktor Honoris Causa

“Bu Susi tercatat sebagai siswa kelas 11 SMA 1 Yogyakarta. Saat mendaftar di PKBM beliau masuk di kelas 11 atau kelas 2 SMA,” papar Didi.

Sama dengan siswa Paket C lainnya, kata Didi, Susi difasilitasi program e-learning atau pembelajaran jarak jauh serta buku modul dari PKBM.

“Fasilitasnya sama dengan siswa lain,” kata Didi.

Menurut Didi, Susi bahkan telah mengikuti satu kali ujian semester. Saat itu mau naik kelas pada 2016.

“Beliau kemudian menyatakan mundur,” kata Didi.
(Muspri-sisidunia.com)