Home » News » Lahar Dingin Membanjiri Dua Desa di Sekitar Gunung Sinabung

Lahar Dingin Membanjiri Dua Desa di Sekitar Gunung Sinabung



Medan – Lahar dingin membanjiri dua desa di sekitar kaki Gunung Api Sinabung, Selasa (18/4/2017). Kedua desa tersebut yakni di Desa Mardinding, Kecamatan Mardinding dan Desa Sukatendel, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo.

Lahar Dingin Membanjiri Dua Desa di Sekitar Gunung Sinabung

Banjir lahar dingin

Kabid Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanael Peranginangin, mengatakan, banjir lahar dingin terjadi akibat hujan deras di yang melanda kawasan punggung gunung.

Baca juga : Calon Penumpang Pesawat Bawa 2,8 Kg Sabu Ditangkap Petugas Bandara Kualanamu

Kondisi itu membuat air membawa material lumpur dan batu yang sebelumnya dimuntahkan oleh Gunung Api Sinabung.

“Air di sungai tempat aliran lahar tiba-tiba meluap dan membawa material lumpur dan batu. Luapan air sampah tumpah ke jalan raya dan menutupi akses jalan ke sekitar wilayah kaki Gunung Sinabung, sejumlah rumah warga juga terkena dampak banjir lahar dingin ini,”kata Natanael, Selasa (18/4/2017) malam.

Untuk mengantisipasi munculnya kerugian maupun korban jiwa akibat banjir lahar dingin itu, kata Natanael, pihaknya sudah melakukan reaksi cepat mengirim relawan. Mereka juga dibantu TNI/Polri memantau dan mengevakuasi warga yang terkena dampak dari banjir lahar dingin tersebut.

“Kita sudah menyediakan satu unit alat berat untuk membersihkan material lahar dingin. Kita himbau warga untuk tetap waspada, khususnya yang tinggal di sekitar sungai yang menjadi aliran lahar dingin,” tandasnya.

(bens – sisidunia.com)