Home » Techno » Sang Penemu Internet Tutup Usia

Sang Penemu Internet Tutup Usia



Jakarta – Seorang ilmuwan komputer yang bernama Robert Taylor diberitakan telah tutup usia. Ilmuwan yang memiliki peran penting dalam penemuan internet ini meninggal dunia pada usia 85 tahun.

Sang Penemu Internet Tutup Usia

Robert Taylor

Taylor meninggal akibat penyakit Parkinson yang dideritanya. Ia ditemukan meninggal di rumahnya yang berada di Woodside, California, Amerika Serikat. Kematiannya sendiri diketahui setelah anaknya yang bernama Kurt melaporkannya ke New York Times.

Taylor memang bukan satu-satunya orang yang mempunyai peran dalam membangun jaringan internet. Namun tak banyak yang punya kontribusi sebesar dia dalam pembangunan tersebut.

Perannya dalam membangun jaringan internet terjadi saat ia menjadi peneliti di Advanced Research Projects Agency milik Pentagon pada 1966. Kala itu Taylor merasa frustasi karena ia harus menggunakan cara yang rumit untuk berhubungan dengan peneliti lain yang menggunakan sistem komputer berbeda.

Baca juga : Bos Facebook Gelontor Rp 39 Triliun Untuk Riset Penghapusan Penyakit

Ia pun mencetuskan Arpanet sebagai solusinya, yaitu sebuah jaringan komputer tunggal untuk menghubungkan setiap proyek dengan proyek lainnya. Arpanet ini adalah cikal bakal internet yang salah satu kebutuhan utama manusia saat ini.

Dilansir dari Cnet, Senin (17/04/2017), Taylor saat itu memprediksikan kalau jaringan Arpanet itu suatu saat akan menjadi efisien dan menjelma menjadi kebutuhan utama masyarakat.

“Dalam beberapa tahun mendatang, orang akan bisa berkomunikasi secara lebih efektif melalui mesin ketimbang berhadapan langsung,” tulis Taylor dalam sebuah makalah yang dipublikasikan pada 1968.
(Muspri-sisidunia.com)