Home » Gaya Hidup » Ternyata Kolagen Memiliki Manfaat Bagi Tubuh. Apa saja ?

Ternyata Kolagen Memiliki Manfaat Bagi Tubuh. Apa saja ?



Jakarta – Sebuah zat yang diberi nama kolagen memang dikenal memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan elastisitas kulit. Sebuah studi menyebutkan bahwa perempuan berusia 35 hingga 55 tahun yang mengonsumsi 2,5 hingga 5 gram hidrolisat kolagen setiap hari selama delapan minggu, secara signifikan mengalami peningkatan elastisitas, kelembaban, dan kekenyalan kulit.

Ternyata Kolagen Memiliki Manfaat Bagi Tubuh. Apa saja ?

Ilustrasi

Namun, sebenarnya manfaat kolagen tidak hanya terbatas pada kesehatan dan elastisitas kulit. Dijelaskan Dr Josh Axe, DNM, DC, CNS, bahwa kolagen memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

1. Mengurangi nyeri dan degenerasi sendi
Kehilangan kolagen akan memperparah nyeri sendi. Ketika kehilangan kolagen, elastisitas tendon dan ligamen berkurang sehingga menyebabkan kaku dan sendi bengkak. Kolagen membantu sendi bergerak lebih mudah, mengurangi rasa sakit yang sering dikaitkan dengan penuaan dan mengurangi risiko kerusakan sendi.

2. Menyembuhkan kebocoran usus
Jika Anda menderita sindrom usus bocor, kolagen akan membantu pemulihan. “Kolagen membantu memecah protein, memperbaiki lapisan usus, dan menyembuhkan dinding sel yang rusak. Selain itu, asam amino dalam kolagen membangun jaringan yang melapisi usus dan saluran pencernaan,” kata Dr Josh Axe yang merupakan dokter pengobatan alami, ahli gizi klinis, dan penulis yang tinggal di Tennessee, Amerika Serikat.

3. Meningkatkan metabolisme, massa otot, dan energi
Kolagen meningkatkan metabolisme dengan menambahkan massa otot dan membantu mengkonversi nutrisi penting. Mempertahankan massa otot pada usia lanjut sangat penting karena akan menyokong postur tubuh, kesehatan tulang, dan membakar lebih banyak kalori.

Baca juga : Suka Tato ? Ini Yang Harus Anda Perhatikan

4. Menguatkan kuku, rambut, dan gigi
Anda pernah mengalami kuku mengelupas atau terbelah? Itu disebabkan kekurangan kolagen. Kolagen merupakan zat protein yang berperan dalam pembentukan kuku, rambut, dan gigi. Menambahkan kolagen dalam menu harian Anda dapat membantu menjaga kekuatan kuku dan gigi, serta mengurangi kerontokan rambut.

5. Meningkatkan kesehatan hati
Kolagen membantu detoksifikasi zat berbahaya dari dalam tubuh, meningkatkan aliran darah, dan menjaga kesehatan hati.

6. Melindungi kesehatan jantung
Asam amino prolin membantu dinding arteri melepaskan penumpukan lemak dalam aliran darah, menyusutkan lemak di arteri, dan meminimalkan penumpukan lemak. Prolin dibutuhkan untuk perbaikan jaringan dalam sendi dan arteri, serta mengontrol tekanan darah. Prolin bagian dari kolagen yang ditemukan di dalam sendi, fungsinya untuk menyangga tubuh dari efek guncangan. Kolagen dapat diperoleh melalui makanan, yaitu ikan, putih telur, kedelai, sayuran merah, sayuran hijau gelap, sayuran berwarna oranye, buah berry, sitrus (jeruk, lemon, jeruk nipis), bawang, dan tiram.
(Muspri-sisidunia.com)