Home » News » ICW Minta Anggota KPK Diberi Penjagaan Khusus

ICW Minta Anggota KPK Diberi Penjagaan Khusus



Jakarta – Kejadian yang menimpa salah satu penyidik senior di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, membuat banyak pihak yang merasa perihatin. Tak terkecuali dari Aktivis Indonesia Corruption Watch Emerson Yuntho.

ICW Minta Anggota KPK Diberi Penjagaan Khusus

Emerson Yuntho

Emerson menilai sudah saatnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perlu membentuk unit khusus keamanan tersendiri, guardian of KPK. Menurut Emerson, hal ini belajar dari kejadian upaya teror terhadap KPK selama 14 tahun terakhir.

“Maka sudah seharusnya KPK punya unit keamanan tersendiri (guardian of KPK),” kata Emerson, Jumat (14/4).

Dia mengatakan, pembentukan unit ini penting untuk melepaskan ketergantungan masalah keamanan di KPK dengan pihak lain seperti Polri. Unit ini mengadopsi seperti tim SWAT di kepolisian Amerika Serikat. “Mereka direkrut dan dilatih secara khusus dan bahkan bisa dipersenjatai,” tegasnya.

Baca juga : DPR Mengecam Penyiraman Air Keras ke Novel Baswedan

Menurut Emerson, unit keamanan KPK ini bertugas antara lain sebagai pengawal (bodyguard) penyidik, pegawai dan pimpinan KPK dalam kondisi khusus. Kemudian, melakukan operasi senyap atau pengamanan untuk membantu tugas-tugas di bidang penindakan termasuk operasi tangkap tangan. Serta melakukan pengusutan dan penangkapan pelaku teror terhadap KPK.

“Anggota tim direkrut secara mandiri oleh KPK sehingga memiliki loyalitas terhadap KPK, bukan ke instansi lain,” tuntasnya.
(Muspri-sisidunia.com)