Home » News » Hadapi Lebaran, Menhub Cegah Insiden Brexit Terulang

Hadapi Lebaran, Menhub Cegah Insiden Brexit Terulang



Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan kejadian maut di Brexit tidak boleh terulang kembali saat momen mudik Lebaran tahun ini sudah diwanti-wanti Presiden Jokowi. Insiden itu menyebabkan 13 orang meninggal dunia.

Hadapi Lebaran, Menhub Cegah Insiden Brexit Terulang

insiden Brexit lebaran tahun lalu

“Bapak Presiden minta itu kejadian (Brexit) tidak boleh terjadi lagi. Jadi kita bikin suatu manajemen khusus, kerja sama dengan Polri, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Minggu depan kita rapat,” katanya di Jakarta, seperti ditulis Minggu (16/4/2017).

Baca juga : Inilah Misil Korut Yang Diklaim Mampu Menjangkau AS

Budi Karya lebih jauh menjelaskan manajemen khusus untuk menghindari peristiwa maut di Brexit. Pertama, terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Komando ada di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sementara operasional ditangani Kepolisian. “Jadi Kapolri, Kapolres, Kapolsek jalan semuanya. Sudah kita setujui,” ujarnya.

Cara kedua, mengatur kapasitas jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Artinya tidak hanya mengandalkan ruas ini sebagai jalur mudik Lebaran, namun mengalihkan pemudik melalui jalur lain, seperti jalur utara, selatan. Dengan begitu, kendaraan tidak tumpah ruah secara berlebihan di Cipali.

Ketiga, dengan pembatasan di pintu keluar dari Cipali atau di Pemalang. Apabila kemacetan sepanjang lebih dari 2 Kilometer (km), maka gerbang sebelumnya bakal ditutup.

“Dan kalau di gate sebelumnya lebih dari 2 Km, kita tutup lagi. Jadi intinya menakar atau membebani Cipali dan tol lain sesuai kapasitasnya,” Budi Karya mengatakan.

(bens – sisidunia.com)