Home » Techno » Deedee Merupakan Benda Angkasa Lain Setelah Pluto

Deedee Merupakan Benda Angkasa Lain Setelah Pluto



Jakarta – Dalam tata surya, planet terakhir adalah Pluto. Keluar melewati sabuk Kuiper, terdapat benda angkasa lain yang mengorbit pada matahari kita, termasuk objek terjauh yang diidentifikasi dalam tata surya yaitu V774104.

Deedee Merupakan Benda Angkasa Lain Setelah Pluto

Gambar ilustrasi

Sebuah tim astronom di University of Michigan dan Survey Energi Gelap mengumumkan penemuan DeeDee, obyek ketiga paling jauh dari matahari pada Oktober 2016. DeeDee adalah singkatan dari ‘Distant Dwarf’.

Dibutuhkan sekira 1.136 tahun untuk menyelesaikan satu orbit matahari, tetapi dengan menggunakan Atacama Large Millimeter/submillimeter Array. Sebuah tim ilmuwan telah menemukan beberapa penemuan baru, makalah ini telah dipublikasikan dalam Astrophysical Journal Letters.

Ukuran DeeDee ini sekira 635 kilometer (394,6 mil) dengan diameter. Panjangnya seperempat Sungai Colorado, dan lebih dari setengah ukuran 1,187 kilometer (737,6 mil) tubuh Pluto. Dan tim mampu mengetahui angka temperaturnya yang melebihi 30 derajat Kelvin (-405.67 Fahrenheit, -243.15 Celsius).

DeeDee mungkin tidak menarik, tetapi seiring berjalannya waktu, memungkinkan kita harus mengetahui apa yang berada di sekitar planet ini. (bens – sisdiunia.com)