Home » News » Jelang Ramadhan, Menteri Pertanian Jamin Stok Pangan

Jelang Ramadhan, Menteri Pertanian Jamin Stok Pangan



Jakarta – Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2017 akan segera datang pada sekitar bulan Mei-Juni. Pemerintah telah mempersiapkan persediaan stok pangan guna menyambut bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2017.

Jelang Ramadhan, Menteri Pertanian Jamin Stok Pangan

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir terhadap pasokan pangan. Menurutnya, berbagai pasokan seperti beras, bawang, cabai, daging, jagung dan kebutuhan lain telah dipersiapkan.

“Pangan untuk ramadhan enggak usah ragu. Sekarang stok pangan kita lebih dari 2 juta beras dan kemudian bawang harganya stabil,” ujar Amran di sela-sela acara Pengkukuhan Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Balai Kartini, Jakarta, Senin (10/04/2017).

Menurut dia, pemerintah telah menyediakan bawang merah 2000 ton, sementara bawang putih 1000 ton. “Cabai juga Insya Allah enggak masalah, kita sudah adakan rapat koordinasi,” ujar dia.

Baca juga : Mentan Dinilai Mampu Menjaga Ketersediaan Stok Beras

Amran menyebut, stok daging sapi telah dipersiapkan empat ribu ton dan jagung 130 ribu ton. Hal ini dinilai cukup, terlebih untuk peternak kecil karena dilayani oleh Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Jagung juga ada 130 ribu ton. Khusus jagung, khusus untuk peternak kecil kami sudah minta pada Bulog melayani peternak kecil. Dahulukan peternak-peternak kecil untuk jagung dari Bulog,” pungkasnya.

Sebelummnya Badan Pusat Statistik (BPS) terus meminta pemerintah agar menjaga harga dan stok pangan agar bisa memenuhi kebutuhan selama bulan puasa, sehingga tidak terjadi lonjakan harga.
(Muspri-sisidunia.com)