Home » News » Sri Mulyani Diprediksi Bakal Duduki Kursi Menko Perekonomian

Sri Mulyani Diprediksi Bakal Duduki Kursi Menko Perekonomian



Jakarta – Baru-baru ini beredar kabar bahwa Presiden Joko Widodo akan mereshuffle atau memindahkan beberapa menteri di kabinet kerja. Reshuffle menteri jidi III dikabarkan akan dilakukan oleh Presiden Jokowi seusai pelaksanaan Pilkada serentak di tahun 2017 ini.

Sri Mulyani Diprediksi Bakal Duduki Kursi Menko Perekonomian

Sri Mulyani

Beberapa menteri yang akan direshuffle oleh Presiden Jokowi, salah satunya ialah Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia akan dipindah menjadi menteri Menteri Koordinator Perekonomian gantikan Darmin Nasution.

Menanggapi kabar tersebut, pengamat politik Petrus Salestinus ikut angkat bicara. Petrus menilai kabar tersebut akan menjadi sesuatu hal yang menarik bagi dunia perekonomian Indonesia. Pasalnya jabatan Menteri Koordinator Perekonomian memiliki beban tugas yang lebih makro daripada tugas sebagai Menteri Keuangan.

“Namun yang jadi soal adalah siapa pengganti Sri Mulyani di Kemenkeu, karena Indonesia sepertinya tidak memiliki atau miskin kader bangsa di bidang Ekonomi sekelas Sri Mulyani,” kataya, Senin (10/04/2017).

Baca juga : Sri Mulyani Mengakiri Blusukan Tax Amnesty di Kantor DJP

Ia mengatakan, pengganti Sri Mulyani sebaiknya diambil dari Anggota DPR RI yang berpengalaman di Komisi Keuangan dan Perbankan bahkan di Banggar DPR RI. Sehingga selain penguasaan terhadap bidang ekonomi, perbankan dan keuangan juga hubungannya dengan DPR juga harus dijaga dan terbangun dengan baik.

“Jika Sri Mulyani menggantikan Darmin Nasution, maka Darmin bisa diparkir di Wantimpres untuk bidang Ekonomi dan Keuangan,” katanya.

Selain Sri Mulyani, nama Rini Soemarno juga belakangan disebut-sebut. Rini dikabarkan akan dipindah dari menteri BUMN menjadi Kepasa Staf Kepresidenan menggantikan posisi Teten Masduki.

Tak kalah menarik nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga terseret. Menteri Susi dikabarkan akan direshuffle Presiden Jokowi dari jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan dan belum diketahui akan ditempatkan di posisi apa.
(Muspri-sisidunia.com)