Home » News » Sarana Prasarana Komputer Belum Lengkap, UNBK Ratusan SMP/MTs di Magelang Bakal Terganggu

Sarana Prasarana Komputer Belum Lengkap, UNBK Ratusan SMP/MTs di Magelang Bakal Terganggu



Magelang – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara madiri di ratusan Sekolah Meengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Mageang sepertinya akan mengalami gangguan. Pasalnya sekolah tersebut masih belum memikiki sarana prasarana komputer yang memadai sehingga akan dilakukan dengan menumpang sekolah lain yang memiliki sarana prasarana komputer yang memadai.

Sarana Prasarana Komputer Belum Lengkap, UNBK Ratusan SMP/MTs di Magelang Bakal Terganggu

Pelaksanaan UNBK

Sekolah-sekolah tersebut harus bekerjasama dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang telah memiliki sarana prasarana memadai terutama untuk komputer.

“Mayoritas sekolah-sekolah tersebut karena jaringan internet, server, dan komputer yang belum siap. Rata-rata sekolah yang belum lengkap prasarananya seperti itu,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbus) Kabupaten Magelang, Haryono, di kantor Mungkid seusai memantau pelaksanaan ujian nasional, Senin (10/4/2017).

Haryono mengatakan, terdapat beberapa sebab yang membuat sekolah belum bisa melaksanakan UNBK mandiri, sebagian besar karena masalah jaringan internet dan komputer. Sebanyak 210 sekolah terdiri 71 MTs dan 139 SMP yang ada di Kabupaten Magelang, baru 56 sekolah yang bisa melaksanakan UNBK secara mandiri.

Baca juga : Pelaksanaan UNBK di Surabaya Diwarnai Siswa Gagal Log In

“Dari 56 sekolah itu tersediri SMP negeri sebanyak 40 sekolah dan swasta sebanyak 26 sekolah,” katanya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, 154 sekolah tersebut harus bekerjsama dengan SMA/SMK yang sudah memadai sehingga bisa melaksanakan UNBK di sekolah yang sudah lengkap sarananya,” kata Haryono.

Dia menambahkan jumlah keseluruhan siswa yang akan mengikuti UNBK SMP/MTs yaitu sebanyak 16.838 siswa. Dari jumlah tersebut terrdiri dari 12.199 siswa SMP dan 4.639 siswa MTs. Pelaksanaan UNBK untuk siswa SMP dan MTs akan berlangsung pada tanggal 2, 3, 4 dan 8 Mei 2017.

“Untuk ujian susulan dilaksanakan pada 22 dan 23 Mei 2017,” pungkasnya.
(Muspri-sisidunia.com)