Home » News » Pemindahan Ibukota Ke Palangka Raya Dinilai Tepat

Pemindahan Ibukota Ke Palangka Raya Dinilai Tepat



Palangka Raya – Beberapa tahun belakangan ini muncul sebuah wacana terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Wacana tersebut muncul sejak mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hendak melakukan diskusi terkait rencana pemindahan Ibu Kota.

Pemindahan Ibukota Ke Palangka Raya Dinilai Tepat

Ilustrasi Palangka Raya

Alasan dibalik kemunculan wacana tersebut adalah Jakarta kini dinilai sudah tidak layak lagi dijadikan sebuah Ibu Kota Negara. Pasalnya di Jakarta sering terjadi kemacetan parah serta bencana tingginya banjir ketika musim hujan datang.

Rencana tersebut juga disetujui oleh Anggota Komisi C DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Elisa Lambung. Elisa mengatakan bahwa memang sangat tepat ibu kota negara dipindahkan dari Jakarta ke Palangka Raya. Menurutnya, Palangka Raya merupakan kandidat lokasi ibu kota baru yang paling baik dan layak saat ini.

“Kendati demikian, wacana digelontorkan Presiden Joko Widodo itu tidak mudah dilakukan. Dibutuhkan pendalaman dan memerlukan pengkajian multiaspek secara lebih mendalam,” jelas Elisa, Senin (10/04/2017).

Baca juga : Dahlan Iskan : Pemindahan Ibukota Akan Memakan Waktu Lima Tahun Lebih

Selain itu, membutuhkan banyak biaya dikarenakan butuh pembangunan infrastruktur dan sarana penunjang. Di samping itu membutuhkan kesiapan mental dan kesatuan paham untuk pindah.

“Sebab faktanya, 80 persen penduduk berada di Pulau Jawa. Mereka akan terpisah oleh laut untuk sampai ke ibu kota baru nantinya,” kata politikus Gerindra ini.

Jadi tidak sama dengan Amerika Serikat yang memindahkan Washington DC ke New York, sebab hanya berjarak tidak jauh dan dapat dilewati jalur darat.

“Tapi kita harus untuk mengkaji dan segera mengambil sikap,” pungkasnya.
(Muspri-sisidunia.com)