Home » News » Menilai Hakim PN Salah Mengadili, Pengacara Jessica Wongso Daftarkan Kasasi

Menilai Hakim PN Salah Mengadili, Pengacara Jessica Wongso Daftarkan Kasasi



Jakarta – Pada tanggal 27 Oktober 2016 lalu Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta telah menguatkan putusan PN Jakpus Nomor 777/Pid.B/2016/PN.Jkt.Pst terkait kasus Jessica Wongso. PN Jakpus menyatakan Jessica terbukti melakukan tindak pidana dalam Pasal 340 KUHP. Motif pembunuhan berencana dilakukan karena sakit hati Jessica terhadap Mirna.

Menilai Hakim PN Salah Mengadili, Pengacara Jessica Wongso Daftarkan Kasasi

Jessica Wongso

Rupanya hari ini, Senin (10/04/2017), Tim pengacara terdakwa kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso mendaftarkan kasasi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (Jakpus). Pengacara menyerahkan memori kasasi berjumlah 64 halaman.

“Tadi siang kami sudah masukkan berkas permohonan kasasi ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat,” kata pengacara Jessica, Otto Hasibuan.

Ada hal penting dalam berkas permohonan kasasi yang diharapkan dapat menjadi pertimbangan majelis hakim dalam memutus perkara kliennya.

“Setelah kami dalami ternyata hakim PN sudah salah mengadili terdakwa karena secara tegas menyatakan menghukum terdakwa bersalah dengan hati nurani,” ujar Otto.

Baca juga : Benarkah Jessica Wongso Alami Pelecehan Oknum Kepolisian ?

Dia mengutip Pasal 183 KUHAP di mana hakim harus memutuskan perkara dengan keyakinan berdasarkan dua alat bukti yang sah.

“Padahal seharusnya dengan keyakinan yang didasarkan dengan dua alat bukti yang sah. Menghukum dengan dasar hati nurani adalah salah,” tegas Otto.

“Hati nurani berbeda dengan keyakinan. Hati nurani adalah perasaan atau feeling. Masa memutuskan bersalah atau nggaknya pakai feeling. Ini nasib seseorang loh,” ujar Otto.
(Muspri-sisidunia.com)