Home » Sport » Kejuaraan Karate Indonesia Digelar di Cibubur

Kejuaraan Karate Indonesia Digelar di Cibubur



Jakarta – Pesatnya perkembangan karate di dunia. Hal tersebut memicuĀ Indonesia untuk kembali menggelar Kejuaraan Karate di Cibubur, 21-23 April mendatang.

Kejuaraan Karate Indonesia Digelar di Cibubur

Ilutrasi keuaraan karate Indonesia

Adalah Perguruan Karate Amura yang akan menggelar kejuaraan bertajuk Amura Master Camp yang dihelat di GOR Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur. Tahun 2017 adalah penyelenggaraan Master Camp keempat sejak pertama kali digelar 2013.

Dalam kejuaraan yang nantinya bertemakan “Menciptakan Karateka Cerdas, Terampil, dan Disiplin” itu, Amura Master Camp diharapkan bisa memberikan motivasi dan inovasi baru bagi karateka Indonesia, khususnya dari perguruan Amura. Pasalnya, kegiatan ini akan fokus pada pembekalan materi yang mencakup teknik dan strategi ilmu beladiri khususnya karate.

Yang paling penting tujuan kejuaraan ini adalah upaya mempersiapkan karateka Amura untuk tampil di pentas dunia, baik lewat kegiatan-kegiatan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) maupun dalam kegiatan Japan Karate Association (JKA).

“Selain sertifikasi pelatih dan ujian DAN, kegiatan inti dari Master Camp ini adalah penyeragaman teknik sabuk hitam lewat Gashuku, serta seminar dan latihan yang dipandu langsung pelatih asal Jepang, Sensei Tatsuya Naka,” ujar Ketua Umum Perguruan Amura, Ucok Marisi Zainudin Sihotang, dalam rilisnya kepada detikSport.

Pada Amura Master Camp nanti akan didatangkan juga pelatih asal Japan Karate Association (JKA), Tatsuya Naka. Pemilik DAN 7 JKA itu pernah membintang beberapa film Jepang bertema Karate seperti Kuro Obi (Black Belt pada 2007) dan High Kick Girl (2009).

Dari sisi prestasi, Sensei Tatsuya Naka juga merupakan karateka berprestasi. Di antaranya, juara usia 35 Kejuaraan Karate Jepang (JKA All) pada 1992, serta peringkat ketiga Shoto World Cup Karate 1992 dan Japan Karate Championship 2000.

“Kami berharap Sensei Tatsuya Naka dapat mentransfer ilmu dan pengalaman besarnya di dunia karate kepada para karateka Amura. Ini akan menjadi bekal bagi para karateka Indonesia dalam mempersiapkan diri menghadapi event-event besar karate,” tambah Ucok.

Selain ajang pembekalan diri, Amura Master Camp juga menjadi ajang silaturahmi karateka Amura seluruh Indonesia. Diperkiran kurang lebih 200 karateka sabuk hitam dari 27 provinsi akan hadir dalam kegiatan ini.

Amura Master Camp nanti juga akan mengundang beberapa perguruan karate di Indonesia untuk ikut berpartisipasi dan bersilaturahmi. Di antaranya Inkai, Wadokai, Lemkari, Gokashi, Kandaga Prana, Inkado, dan Inkanas. Bahkan, beberapa karateka luar negeri seperti dari Malaysia dan Taiwan juga memastikan akan ikut ambil bagian dalam Master Camp nanti.