Home » Techno » Peneliti Kembangkan Sistem Yang Mampu Mengendalikan Pikiran Hewan

Peneliti Kembangkan Sistem Yang Mampu Mengendalikan Pikiran Hewan



New York – Binatang atau hewan biasanya terlihat hidup secara berkelompok seperti manusia. Namun bagaimana jadinya jika manusia mengendalikan sekelompok binatang melalui pikiran mereka ?

Peneliti Kembangkan Sistem Yang Mampu Mengendalikan Pikiran Hewan

Mesin pengendali pikiran

Mungkin saja sekelompok binatang ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia seperti menjaga rumah, mengikuti kemanapun manusia pergi dan patuh pada setiap perintah yang diberikan manusia.

Penelitian terbaru dalam Journal of Bionic Engineering mengungkapkan bahwa manusia tidak bisa membentuk aliansi manusia seperti organisme lain. Akan tetapi, manusia dapat mengontrol gerakan hewan dengan pikiran.

Dilansir dari Bigthink, Jumat (7/4/2017), peneliti Korea Selatan mengembangkan sistem menggunakan antarmuka otak komputer (BCI) yang bertujuan agar hewan mematuhi pikiran pengendali. Sebenarnya, penelitian ini juga terinspirasi dari film Avatar 2009, di mana manusia mengendalikan tubuh alien dengan pikirannya.

Baca juga : Teknologi Biometrik akan Dikembangkan Pada Ponsel

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) tengah membuktikan bahwa dengan mengenakan “sistem cyborg,” yang dipasang di cangkang, mereka dapat mengontrol gerakan kura-kura.

Ilmuwan KAIST juga memutuskan untuk mengendalikan penyu menggunakan BCI. Penyu secara alami menjauh dari hambatan atau bahaya dan langsung menuju cahaya putih.

Berkat kemajuan dalam komputer dan elektronik, penelitian sebelumnya telah menunjukan bahwa manusia dapat mengontrol mesin dengan pikiran, seperti halnya anggota tubuh palsu, mobil, pesawat tanpa awak, atau bahkan robot.

Sebelumnya, percobaan dengan kecoak dan belalang telah menunjukan beberapa keberhasilan. Para ilmuwan saat ini bekerja pada kemampuan capung dan mengontrol kemana ia pergi. Melengkapinya dengan kamera digital kecil. Namun, metode tersebut adalah invasif.
(Muspri-sisidunia.com)