Home » News » Komik X-Men Gold Menjadi Perbincangan Netizen

Komik X-Men Gold Menjadi Perbincangan Netizen



Jakarta – Komik X’Men Gold #1 terbitan Marvel yang baru saja rilis sedang hangat jadi bahan pembicaraan. Pasalnya, komikus Ardian Syaf asal Tulungagung yang ikut membuat komik itu memasukkan beberapa simbol Aksi Damai 212 dan Surah Al Maidah ayat 51. Akibatnya, komik itu menimbulkan kontroversi.

Komik X-Men Gold Menjadi Perbincangan Netizen

Komik X-Men Gold

Referensi cerita konflik politik dan agama yang kini tengah beredar di Indonesia dinilai bertentangan dengan visi Marvel. Dalam salah satu adegan terlihat angka ‘212’ yang tertulis di bangunan ketika Kitty Pryde muncul. Saat itu, Kitty sedang berbicara tentang pemilihan pemimpin baru X-Men.

Selain itu di salah satu bagian lain dari komik ketika anggota X-Men sedang bermain baseball terdapat tulisan ‘QS 5:51. Netizen Indonesia yang membacanya pun langsung merujuk terhadap kasus yang menimpa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat ini.

Kontroversi ‘QS 5:51’ dan ‘212’ di komik X-Men Gold karya Komikus Ardian Syaf asal Tulungagung ternyata ikut ramai dibicarakan oleh para netizen di seluruh dunia. Hal itu bisa dilihat dari kolom trending topic di Twitter yang masih membicarakan ‘Ardian Syaf’, ‘Marvel’, dan ‘X-Men Gold’ hingga sore ini, Minggu (9/4/2017).

Respons netizen sangat beragam terkait kasus ini. Baik komentar dari netizen lokal maupun internasional.

Banyak yang memuji talenta dari putra asal Indonesia dalam karyanya di komik tersebut. Namun, banyak juga yang menyayangkan tindakannya.

Komik ‘X-Men Gold #1’ sendiri terbit pada Rabu (5/4/2017) lalu. Sehari kemudian, sang komikus Ardian pun memajang sketsa dengan tulisan ‘212’ di akun Facebook pribadinya. Akibat postingan sketsa tersebut, banyak pro dan kontra.

Ardian tak tinggal diam dengan banyaknya komentar pro dan kontra tersebut. Ia sempat beberapa kali ikut menanggapi komentar. ia juga sempat memposting percakapan untuk menjelaskan maksud dari aksinya. (bens – sisidunia.com)