Home » Travel & Kuliner » Kenali Bakso Mengandung Borak Lewat Ciri Ini

Kenali Bakso Mengandung Borak Lewat Ciri Ini



Jakarta – Seringkali kita mendengar berita di tv mengenai bakso yang mengandung boraks dan formalin yang beredar di tengah-tengah masyarakat. Hal tersebut membuat kita menjadi takut dan was was saat hendak mengkonsumsi bakso yang dijual disekitar kita.

Kenali Bakso Mengandung Borak Lewat Ciri Ini

Ilustrasi

Pasalnya boraks dan formalin merupakan sebuah zat yang berbahaya bagi tubuh kita dikarenakan fungsi diciptakan boraks dan formalin adalah untuk mengawetkan mayat, bukan untuk campuran makanan. Tak hanya itu, boraks dan formalin yang dikonsumsi secara terus-menerus dapat memicu berbagai macam penyakit termasuk kanker.

Masalahnya jika bakso sudah dalam keadaan matang, akan sedikit sulit untuk membedakan mana yang mengandung formalin dan boraks dan mana yang aman dikonsumsi. Sebagai konsumen Anda tentu tak rela jika keluarga dan anak-anak terlanjur mengonsumsi bakso dengan formalin atau boraks bukan?

Jangan khawatir, sebab selalu ada beda antara yang sehat dan yang tak sehat. Berikut ini beberapa ciri yang terlihat jika bakso mengandung formalin atau boraks yang berbahaya:

Baca juga : Saat Yang Lain Mahal, Bakso Ini Harganya Masih Rp 3000

Ciri bakso mengandung boraks:
Umumnya bakso akan terasa lebih kenyal dan keras, serta warnanya putih. Tidak coklat seperti bakso daging pada umumnya. Selain itu, jika dicium pun aromanya tak sedap dan segar. Saat Anda mencoba melempar ke lantai, maka ia akan memantul seperti bola. Jika bakso daging asli tidak memantul melainkan menggelinding. Bakso juga tidak mudah basi walau berada di ruang biasa selama seharian.

Ciri bakso dengan formalin:
Teksturnya pun kenyal cenderung keras, dengan aroma tak sedap dan segar. Tidak mudah basi walau tidak disimpan dalam lemari pendingin. Lalat enggan datang menghampiri, dan terasa aroma bahan seperti kimia. Warnanya sama seperti bakso daging asli.

Semoga bermanfaat.
(Muspri-sisidunia.com)