Home » News » Jelang Mudik Lebaran, Tol Bawen-Salatiga Dikebut

Jelang Mudik Lebaran, Tol Bawen-Salatiga Dikebut



Semarang – Tol Semarang-Solo seksi III, Bawen-Salatiga akan dibuka secara fungsional atau darurat untuk para pemudik Lebaran tahun ini. Sekitar 2,5 km dari total 17,6 km jalan tol tersebut belum selesai pengerjaannya karena masih dilakukan pengerukan tebing.

Jelang Mudik Lebaran, Tol Bawen-Salatiga Dikebut

Tol Bawen-Salatiga

Faktor cuaca, yakni curah hujan yang tinggi membuat proses pengerukan terhambat sehingga sampai saat ini masih ada sekitar 200 ribu meter kubik lagi total gundukan tanah yang harus dikeruk agar ketinggian jalan tolnya menyamai standar grid jalan raya.

Baca juga : Netizen Ngakak Nonton Video Bocah Berkelahi Ini

“Memang problem yang paling berat di ruas Bawen-Salatiga ini, di Tuntang ini, karena berhadapan dengan bukit-bukit yang memerlukan pemotongan, kemudian membawa tanah itu menuju tempat yang lain. Ada hampir 2 juta meter kubik yang harus dipindahkan,” kata Presiden Joko Widodo saat meninjau di lokasi, Semarang, Sabtu (8/4/2017).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna mengatakan, BUJT berupaya semaksimal mungkin agar proses pengerukan ini bisa segera selesai, sehingga diharapkan pada bulan Mei akan dilakukan uji kelayakan, sehingga dipastikan bisa digunakan dengan aman untuk mudik.

“Artinya alat-alat kita maksimumkan, kemudian teknologi kalau ada yang bisa kita kembangkan, kita lakukan. Kita kerjalah untuk mengejar,” tukasnya.

(bens – sisidunia.com)