Home » News » ICW Yakin KPK Mampu Mengungkap Tokoh Besar di Kasus E-KTP

ICW Yakin KPK Mampu Mengungkap Tokoh Besar di Kasus E-KTP



Jakarta – Perkembangan sidang perkara korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Pengadilan Tipikor Jakarta semakin membuat transparan peran pihak-pihak yang terlibat.

ICW Yakin KPK Mampu Mengungkap Tokoh Besar di Kasus E-KTP

Gambar ilustrasi

Dalam pandangan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama S Langkun, perkembangan persidangan perkara e-KTP sudah bisa ditindaklanjuti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca juga : Jelang Mudik Lebaran, Tol Bawen-Salatiga Dikebut

Salah satu yang terungkap dalam persidangan terakhir adalah keterkaitan putra dan keponakan Ketua DPR Setya Novanto dalam kasus korupsi yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun itu. Menurut Tama, KPK pasti tak mendiamkan perkembangan fakta persidangan untuk mendalami keterlibatan nama-nama besar.

“Mereka tentu punya cara. Jadi seharusnya memang menjadi perhatian buat KPK soal ini,” katanya saat dihubungi, Jumat (7/4/2017).

Sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) KPK pada persidangan yang digelar Kamis (6/4/2017) mencecar Setya Novanto. JPU menanyakan tentang kaitan Reza Herwindo dan Irvan Hendra dengan Andi Narogong yang kini menjadi tahanan KPK.

Reza merupakan putra Novanto, sedangkan Irvan merupakan keponakan ketua umum Golkar itu. Meski demikian, Setnov -panggilan Novanto- menepis dugaan keterlibatan anak dan keponakannya dalam proyek e-KTP.

Namun, JPU KPK memang mengantongi bukti lain. Sebab, Reza diduga bekerja pada perusahaan yang patut diduga dimiliki oleh Andi Narogong. Sementara Irvan masuk dalam Tim Fatmawati pimpinan Andi Narogong yang diduga mengatur patgulipat proyek e-KTP.

Tama menduga KPK tidak akan kesulitan dalam mengembangkan penyidikan kasus e-KTP. “Dalam pandangan kita ini sudah semakin terang, beberapa orang telah mengaku. Relatif tidak akan berliku dan panjang,” tuturnya.

(bes – sisidunia.com)