Home » News » Inilah Deretan Pesawat dan Helikopter Rakitan Indonesia Yang Mulai Dilirik Negara Asing

Inilah Deretan Pesawat dan Helikopter Rakitan Indonesia Yang Mulai Dilirik Negara Asing



Jakarta – Produk buatan Indonesia mulai diakui banyak negara. Selain senapan, pesawat dan helikopter buatan PT Dirgantara Indonesia (DI) juga diminati negara-negara asing.

Inilah Deretan Pesawat dan Helikopter Rakitan Indonesia Yang Mulai Dilirik Negara Asing

Helicopter buatan Indonesia

Kini, pembelinya bukan hanya Tentara Nasional Indonesia (TNI), lembaga nasional seperti Basarnas atau maskapai lokal, tapi sudah ke beberapa negara bahkan produsen penerbangan asing.

Berikut ini 3 produk penerbangan Indonesia yang diminati negara lain :

1. CN-295

Pesawat CN-295 merupakan produk hasil joint venture antara PT Dirgantara Indonesia (DI) dengan PT Airbus Military. Dari kerjasama itu, PT DI mendapat lisensi penuh untuk membuat atau merakit rangka pesawat di Indonesia.

CN-295 merupakan jenis pesawat angkut kelas menengah dan lebih banyak digunakan untuk kepentingan militer. Pesawat seharga US$28 juta atau Rp374 miliar ini mampu menampung 71 pasukan atau benda seberat 9.250 kilogram.

2. EC-725

Eurocopter EC-725 SuperCougar merupakan salah satu heli yang dibuat PT DI untuk keperluan pengangkutan logistik di Tanah Air. Heli buatan Airbus Helicopters di Marignane, Prancis, ini memiliki panjang 19,5 meter dan tinggi 4,6 meter.

Sementara itu, kecepatan heli ini mencapai 285 kilometer/jam, 177 mph atau 154 knot.

3. NAS332 Super Puma

Helikopter NAS332 Super Puma memiliki ketangguhan dan manuver yang memadai dengan heli-heli lain, dengan bobot 4.627 kilogram dalam keadaan kosong.

Helikopter ini bisa mengangkut kru maksimal dua orang. Lalu, bisa membawa 18 hingga 24 penumpang tergantung pengaturan ruang kabin.

Helikopter NAS332 Super Puma ini bisa mencapai ketinggian terbang hingga 7.200 meter, lalu bisa terbang hingga jarak 831 kilometer atau 449 nauctical miles.

(bens – sisidunia.com)