Home » Ekonomi & Bisnis » Inilah Ayam Asli Indonesia Yang Harganya Termahal di Dunia

Inilah Ayam Asli Indonesia Yang Harganya Termahal di Dunia



Jakarta – Rupanya ada ayam asal Indonesia, Cemani, yang menjadi salah satu jenis ayam paling populer di dunia. Akibat hal ini, ayam cemani pun dijual dengan harga yang sangat mahal.

Inilah Ayam Asli Indonesia Yang Harganya Termahal di Dunia

Ayam Cemani

Melansir Business Insider, Selasa (4/4/2017), sebuah peternakan di Florida Amerika Serikat menjual ayam cemani dengan harga fantastis. Untuk satu ekor ayam dikenakan harga sebesar US$ 2.500 atau setara dengan Rp 33,3 juta.

Paul Bradshaw dari Greenfire Farms Florida mengatakan, mahalnya harga ayam ini disebabkan faktor langka dan sulit untuk berkembang biak. Greenfire sendiri akan menjadi peternak ayam cemani pertama di Amerika Serikat.

Pemimpin redaksi Food & Wine Dana Cowin menjelaskan, warna hitam pekat yang dimiliki oleh ayam ini membuat Cemani berbeda dengan ayam kebanyakan. Para kolektor terpesona pada ayam cemani karena keeksotisannya dan kesulitan mendapatkan unggas tersebut.

“Semua bagian ayam tersebut berwarna hitam, kulitnya, bulunya, seluruh bagian badannya termasuk dagingnya juga berwarna hitam. Jadi ayamnya sangat spesial, dan langka,” ujar Dana Cowin

Baca juga : Bisnis Ternak Ayam Cemani Janjikan Hasil Yang Menggiurkan

Lebih lanjut Cowin menjelaskan, pemilik ayam Cemani dapat mengembangbiakkan bahkan memakannya. Namun harganya yang tinggi membuat para pembeli berpikir dua kali untuk menyembelihnya.

“Dengan harga setinggi itu, Anda mungkin tak akan langsung memakannya. Pasarnya belum luas tapi akan cepat berkembang,” jelasnya.

Ayam cemani memang memiliki unsur estetika yang tidak dimiliki unggas lainnya. Cemani sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti ‘hitam pekat’.
(Muspri-sisidunia.com)