Home » Gaya Hidup » Tips Kembalikan Mood Dan Fokus Kerja, Cukup 5 Menit Lho !

Tips Kembalikan Mood Dan Fokus Kerja, Cukup 5 Menit Lho !



Jakarta – Ada berbagai macam cara yang biasanya kita lakukan ketikan jenuh atau bosan melanda saat kita sedang bekerja. Cara-cara tersebut misalnya meminimalisir gangguan dengan mengesampingkan ponsel, mengerjakan tugas berdasarkan prioritas, hingga menghindari makan gula.

Tips Kembalikan Mood Dan Fokus Kerja, Cukup 5 Menit Lho !

Ilustrasi

Tujuannya agar produktivitas kerja kita bisa meningkat sehingga kita bisa pulang ke rumah dengan cepat tanpa terbebani dengan tumpukan pekerjaan yang masih belum selesai. Rupanya ada satu cara lagi yang bisa membuat kita menjadi fokus kerja dan mengembalikan mood yang hilang saat bekerja.

Cara ini cukup dilakukan selama lima menit saja dan tanpa mengeluarkan banyak biaya. Sehingga pekerjaan kita dapat segera diselesaikan dan bisa kembali pulang ke rumah tepat pada waktunya.

Caranya sangat mudah yakni dengan berjalan atau berdiri selama lima menit. Dikatakan jika berjalan-jalan kecil akan efektif membuat kerja lebih produktif. Hal tersebut merupakan temuan dari penelitian terbaru.

“Jalan yang singkat tapi sering lebih efektif dalam meningkatkan kebugaran dari pada berjalan sekali tapi lama sebelum kerja,” kata peneliti kepada The New York Times.

Baca juga : Tips Atasi Lesu Usai Begadang Dimalam Hari

Anda mungkin merasa jika cara ini merepotkan dan memperlambat kerja. Namun studi mengungkap jika berjalan atau berdiri malah bisa membua Anda lebih fokus dan mood bekerja sehingga hari-hari jadi produktif.

“Berdiri dan berjalan selama lima menit setiap jam selama jam kerja bisa meningkatkan mood, mengurangi kelesuan tanpa mengurangi fokus dan atensi, dan bahkan mencegah rasa lapar,” tambah peneliti.

Sebelumnya, para peneliti melakukan percobaan dengan meminta 30 pekerja untuk berjalan tiga kali. Pertama mereka diminta berjalan hanya ke kamar mandi ketika istirahat saja, kedua setengah jam sebelum ke kantor, dan yang terakhir lima menit setiap jam.

Dari eksperimen itu, terungkap jika partisipan meresa senang, berenergi, waspada, dan tidak terlalu ngidam makanan ketika berjalan lima menit setiap jam. “Bahkan dengan sedikit aktivitas, sepanjang hari, adalah cara yang praktis, mudah untuk lebih bugar. Jelas jika bergerak sangat penting,” kata penulis Jack Groppel terkait temuan.
(Muspri-sisidunia.com)