Home » News » Pelaksanaan UNBK di Surabaya Diwarnai Siswa Gagal Log In

Pelaksanaan UNBK di Surabaya Diwarnai Siswa Gagal Log In



Surabaya – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) saat ini sedang dalam waktu dimana pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berlansung. UNBK khusus untuk SMK sudah dilaksanakan sejak awal pekan ini.

Pelaksanaan UNBK di Surabaya Diwarnai Siswa Gagal Log In

Para pelajar SMK mengerjakan soal UNBK

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Syaiful Rahman mengunjungi beberapa sekolah di hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Surabaya. Ini dilakukannya untuk memantau secara langsung pelaksanaan UNBK tersebut.

Beberapa SMK yang dikunjungi oleh Kadispendik Jatim bersama jajarannya, di antaranya SMK Negeri 8 dan SMK Negeri 5 Surabaya. Kunjungan Kadispendik Jatim di dua SMK Negeri ini bertujuan untuk memastikan UNBK di Surabaya berjalan lancar.

Setidaknya, pelaksanaan UNBK untuk 17.479 siswa SMK, diharapkan berjalan tanpa kendala.

Namun, dalam kunjungan tersebut, Saiful menemukan kendala kecil terkait kegagalan log in ke server pusat UNBK. Kendala itu terjadi di SMK 45 Surabaya, Jalan Jojoran I. Akibat kegagalan log in tersebut, jadwal ujian untuk sekitar 20 siswa terpaksa mundur.

Baca juga : Pelaksanaan UNBK Masih Dihantui Oleh Listrik Padam

“Untuk mengatasi kegagalan log in tersebut, sejumlah proktor dan teknisi langsung bergerak cepat mengganti server cadangan,” ujar Heru Purwanto, Kepsek SMK 45 Surabaya.

Pihak sekolah menyatakan, kendala ini akibat server utama mati. Para peserta ujian tetap mengikuti ujian pada sesi berikutnya atau sesi yang kedua.
(Muspri-sisidunia.com)