Home » News » Masjid Daan Mogot Diresmikan Langsung Oleh Jokowi

Masjid Daan Mogot Diresmikan Langsung Oleh Jokowi



Jakarta – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan meresmikan Masjid Raya Daan Mogot pada Minggu, 16 April mendatang. Setelah mengalami proses pembangunan selama empat tahun lamanya, akhirnya Masjid Raya DKI Jakarta pertama tersebut telah dirampungkan.

Masjid Daan Mogot Diresmikan Langsung Oleh Jokowi

Masjid Raya DKI Jakarta Pertama

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Arifin menuturkan, pembangunan masjid ini dimulai sejak tahun 2014 lalu di atas lahan seluas 2,4 hektare.

“Untuk luas bangunan masjidnya sekitar 1,4 hektare,” katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (4/3).

Arifin mengungkapkan, lantai satu masjid tersebut nantinya akan difungsikan sebagai convention center. Sementara lantai dua masjid digunakan untuk ruang utama salat.

“Kalau tidak ada halangan, masjid ini akan diresmikan presiden pada 16 April nanti,” tandasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Saefullah menyampaikan, masjid raya tersebut akan diberi nama Masjid KH Hasyim Ashari.

Baca juga : Masuk Masa Cuti Kampanye, Ahok Serahkan Nama Masjid Raya Pertama Milik DKI Kepada Presiden

“Peresmian masjid raya tanggal 16 April. Sudah fixed sama Pak Jokowi yang resmikan,” kata Saefullah, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Adapun pada 16 April, lanjut dia, Ahok sudah aktif kembali menjadi Gubernur DKI Jakarta setelah menjalani masa kampanye putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.

Saefullah menyampaikan, akan ada pusat kajian atau semacam Islamic Center di masjid tersebut.

“Pengelolanya dari masyarakat. Sekarang lagi dibentuk timnya oleh pemda, melalui SK gubernur,” kata Saefullah.

Selain itu, Dinas Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta tengah menyusun pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM).
(Muspri-sisidunia.com)