Home » Gaya Hidup » Kenali Gejala Anemia Lewat Warna Telapak Tangan

Kenali Gejala Anemia Lewat Warna Telapak Tangan



Jakarta – Patokan yang biasanya digunakan untuk mendeteksi gejala anemia adalah 5L (Letih, Lesu, Lemah, Lelah dan Lalai). Rupanya selain hal tersebut, masih ada cara lain yang bisa digunakan sebagai patokan untuk mendeteksi gejala anemia.

Kenali Gejala Anemia Lewat Warna Telapak Tangan

Ilustrasi

Salah satunya adalah melalui warna telapak tangan. Biasanya telapak tangan akan terlihat berwarna pucat bila terkena anemia.

Dikatakan Spesialis Gizi Klinik DR dr Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK dari RS Carolus Serpong, kini anemia banyak diderita oleh wanita produktif atau seorang pekerja yang aktif. Tanpa disadari, mereka sudah mengalami berbagai gejala anemia.

“Gejala anemia yang kelihatan mata yaitu telapak tangan pucat, kelopak mata pucat, sampai sering pusing. Ini tanda-tandanya sel darah merah atau hemoglobin tidak normal,” ujar dr Anie, saat ditemui di TMII, Jakarta Timur, baru-baru ini.

Gejala lain yang sering dialami yakni mata Anda tiba-tiba berkunang-kunang di sela beraktivitas. Bahkan, bisa tiba-tiba mengantuk dan sulit berkonsentrasi.

Baca juga : Resep Detoksifikasi Untuk Bantu Kinerja Organ Hati

“Ditambah lagi wanita jadi mudah capek saat melakukan aktivitas yang berat. Belum lagi kalau sudah keadaan yang lebih berat, muka, mata, bibir, kulit, kuku, telapak tangan tampak memucat,” tambahnya.

Jika gejala anemia lebih cepat terdeteksi dini, Anda bisa segera konsultasi dengan dokter. Wanita merupakan golongan orang yang cukup sering menderita penyakit akibat kekurangan zat besi ini.

“Makan bergizi dan minum tablet tambah darah bisa bantu mencegah anemia. Semua wanita wajib melakukan tips ini,” tutupnya.
(Muspri-sisidunia.com)