Home » Travel & Kuliner » Inilah Kuliner Yang Patut Dicoba Saat Liburan Ke Wakatobi

Inilah Kuliner Yang Patut Dicoba Saat Liburan Ke Wakatobi



Wakatobi – Wakatobi merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara yang terkenal akan keindahan wisata baharinya. Selain keindahan alam yang begitu memesona, Wakatobi juga memiliki berbagai jenis kuliner tradisional dengan teknik pengolahan yang unik.

Inilah Kuliner Yang Patut Dicoba Saat Liburan Ke Wakatobi

Soami Pepe

Daripada penasaran, yuk simak 3 kuliner tradisional khas Wakatobi dengan ciri khasnya masing-masing :

1. Luluta/Nasi Bambu

Nasi dalam buluh

A post shared by ajimashaary (@ajimashaary) on

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Wanci, cicipilah salah satu makanan khasnya yang mereka sebut luluta. Luluta sendiri merupakan kuliner lezat yang terbuat dari beras putih atau beras merah, lalu dicampurkan dengan santan, sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam bambu dan dibakar hingga matang. Yummy!

Baca juga : Pengakuan Pemilik Warung Nasi yang Menghebohkan Malaysia

2. Tombole

Inilah Kuliner Yang Patut Dicoba Saat Liburan Ke Wakatobi

Tombole

Selain luluta, hidangan ini juga diolah dengan cara yang tak kalah uniknya. Proses pengolahan tombole menggunakan teknik pembakaran di atas batu panas, dan hanya disajikan dalam waktu-waktu tertentu saja. Bahan-bahan yang sering digunakan antara lain singkong atau ubi yang dibungkus daun pisang. Untuk penyajiannya, tombole sering disantap bersama gula merah, garam, dan irisan bawang merah.

3. Kukure

Inilah Kuliner Yang Patut Dicoba Saat Liburan Ke Wakatobi

Kukure

Berlibur ke Wakatobi belum lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan laut khas lokal. Salah satu makanan yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah kukure. Hidangan ini terbuat dari bulu babi yang banyak ditemukan di pesisir pantai. Cara mengolahnya pun berbeda dan memiliki khas tersendiri.
(Muspri-sisidunia.com)