Home » Gaya Hidup » Punya Hobi Nyanyi di Kamar Mandi ? Kebiasaan Itu Ternyata Baik

Punya Hobi Nyanyi di Kamar Mandi ? Kebiasaan Itu Ternyata Baik



Jakarta – Seringkali kita mendengar seseorang yang bersenandung atau bahkan bernyanyi ketika berada di kamar mandi. Tak hanya itu, tak sedikit pula dari kita yang juga bernyanyi ketika mandi.

Punya Hobi Nyanyi di Kamar Mandi ? Kebiasaan Itu Ternyata Baik

Ilustrasi

Percaya atau tidak, suara Anda mungkin terdengar jauh lebih baik saat mandi. Anda pun jadi makin semangat untuk mengadakan konser tunggal dadakan sambil membasuh seluruh tubuh.

Selain karena suara jadi lebih baik, berikut alasan-alasan orang jadi ingin nyanyi di kamar mandi :

1. Membuat Pikiran Tenang
Hanya membutuhkan waktu beberapa menit, Anda terbebas dari segala tekanan dan beban pikiran. Perasaan aman dan nyaman pun meliputi Anda sehingga tubuh mulai memproduksi hormon dopamin.

2. Peredaran Darah yang Lancar Dapat Memicu Keinginan Bernyanyi
Aliran air yang seolah memijat tubuh Anda akan memperlancar peredaran darah. Reaksi fisik ini akan membuat Anda merasa lebih bertenaga dan bersemangat. Oleh karena itu, muncul dorongan untuk melakukan hal-hal yang penuh semangat dan keceriaan, misalnya menyanyi lagu-lagu kesukaan Anda.

Baca juga : Rupanya Telanjang Saat Tidur Memiliki Manfaat Lho !

3. Bernyanyi di Kamar Mandi Membawa Manfaat Tersendiri
Meskipun kesannya sepele, ternyata nyanyi di kamar mandi bisa mendatangkan berbagai manfaat buat tubuh dan pikiran Anda. Misalnya saja dapat menghilangkan stres. Menurut para ahli, saat menyanyi mau tak mau Anda akan melatih pernapasan. Apalagi ketika kadar oksigen di tubuh sedang baik. Hal ini mirip seperti latihan yoga. Hal ini akan membuat Anda lebih rileks dan kadar stres pun berkurang.

Bernyanyi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Berdasarkan hasil penelitian dalam Journal of Behavioral Medicine, menyanyi bisa menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Maka, semakin sedikit hormon kortisol Anda, semakin kuat pula kekebalan tubuh dalam menghalau berbagai penyakit.

Selanjutnya bernyanyi juga dapat meningkatkan daya ingat. Sebuah penelitian lain dalam Journal of Alzheimer’s Disease menunjukkan bahwa rutin menyanyi di pagi hari mampu meningkatkan daya ingat. Ini karena seni musik mampu merangsang aktivitas otak.
(Muspri-sisidunia.com)