Home » News » Menurut Anies, Kebhinekaan Tidak Perlu Diperjuangkan

Menurut Anies, Kebhinekaan Tidak Perlu Diperjuangkan



Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk pertama kalinya selama masa kampanye menyampaikan pidato kebangsaan, Senin (03/04/2017). Acara yang digelar di Hotel Dharmawangsa ini dihadiri oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden PKS Sohibul Iman.

Menurut Anies, Kebhinekaan Tidak Perlu Diperjuangkan

Anies Baswedan saat menyampaikan Pidato Kebangsaan

Tak jauh berbeda dengan yang beberapa kali dilakukan mantan calon Gubernur Agus Yudhoyono di masa kampanye putaran pertama, dalam pidatonya Anies berbicara soal visi dan misi yang diusung. Salah satunya soal kebinekaan.

Anies menyebut, konsep memperjuangkan kebhinekeaan selama ini telah keliru. Dia menilai kebhinekaan akan hadir jika persatuan telah diwujudkan.

“Ada kekeliruan konseptual kalau berbicara memperjuangkan kebhinekaan,” kata Anies dalam Pidato Kebangsaan di Hotel Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (03/04/2017).

Kebhinekaan Indonesia merupakan fakta yang mesti diterima seluruh rakyatnya. Anies menuturkan, fakta ini perlu dikuatkan dengan persatuan.

“Kebhinekaan itu fakta, karenanya tidak perlu diperjuangkan. Yang mesti diperjuangkan adalah persatuan di dalam kebhinekaan,” ujar Anies.

Baca juga : Prabowo Minta Anies-Sandi Hapuskan Kemiskinan di DKI

Namun, lanjut Anies, sebagai Ibu Kota Negara, hingga kini Jakarta belum memiliki persatuan yang juga menjadi simbol negara itu. Warga Jakarta dianggap baru memiliki kebersamaan.

“Kita memiliki kebersamaan tapi kita tidak memiliki persatuan. Persartuannya belum ada,” tuturnya.

Anies menambahkan akan menghadirkan ruang publik sebagai sarana mempersatukan seluruh warga Jakarta. Yaitu dengan transportasi umum publik yang terintegrasi.

Saat ini warga Jakarta cenderung menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi massal belum terintegrasi. “Dengan transportasi publik terintegrasi warga bisa berinteraksi dan menjadi sarana interaksi,” ucap Anies.
(Muspri-sisidunia.com)