Home » Gaya Hidup » Hati-hati, Mencabut Uban Memiliki Resiko Ini

Hati-hati, Mencabut Uban Memiliki Resiko Ini



Jakarta – Seringkali ketika rambut mati berwarna abu-abu, alias uban sudah muncul. Maka tidak hanya rasa gatal yang timbul, namun juga keinginan yang kuat untuk mencabut helai-helai uban ini secara paksa juga hadir sangat kuat.

Hati-hati, Mencabut Uban Memiliki Resiko Ini

Keinginan untuk mencabut uban-uban di kepala memang terkadang tidak terhindarkan. Tetapi sebaiknya sangat disarankan, untuk Anda yang sudah memiliki uban untuk tidak mencabut rambut uban tersebut secara paksa dengan harapan uban akan berkurang. Pasalnya, kebiasaan buruk mencabut uban ini tidak sama sekali ada untungnya lho.

Alih-alih mengurangi timbunan uban di kepala, kebiasaan ini malah mendatangkan sederet efek buruk. Apa saja efek samping dari kebiasaan buruk mencabut uban ini? Baca yuk daftarnya berikut ini!

1. Dapat Merusak Tekstur Rambut
Setiap kali Anda mencabut paksa rambut uban ini, maka secara tidak langsung Anda merusak tekstur alami rambut. Di mana kondisi ini akan meningkatkan risiko rambut baru yang tumbuh, menjadi rambut baru yang sudah rusak.

2. Dapat Merusak Folikel Rambut
Walau rambut uban sudah tercabut dari akarnya, folikel rambut yang dicabut paksa tersebut sesungguhnya tetap abu-abu dan mati, sehingga yang akan kembali tumbuh adalah rambut uban.

Baca juga : Awas, Pewarnaan Rambut Meningkatkan Resiko Kanker Payudara

3. Dapat Merusak Kulit Kepala
Jika kebiasaan buruk mencabut uban secara rutin terus menerus dilakukan, maka jangan terkejut jika nantinya kulit kepala secara perlahan akan rusak secara permanen.

4. Dapat Menimbulkan Rambut Tipis
Mencabut uban juga disebutkan dapat merusak akar dari helai-helai rambut. Kondisi ini akan membuat kecenderungan untuk terjadinya kerontokan rambut secara permanen di area tertentu kulit kepala (tempat sering uban dicabut), sehingga membuat tampilan rambut dan kepala menjadi pitak alias botak di tempat-tempat tertentu saja. Demikian seperti dilansir Bustle, Selasa (4/4/2017).
(Muspri-sisidunia.com)