Home » News » Pelaksanaan UNBK Masih Dihantui Oleh Listrik Padam

Pelaksanaan UNBK Masih Dihantui Oleh Listrik Padam



Pacitan – Belakangan ini di wilayah Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur sering terjadi pemadaman listrik alias mati lampu. Hal tersebut tentu membuat masyarakat menjadi resah, khususnya bagi pelajar setingkat SMK yang akan melaksanakan UNBK awal pekan ini.

Pelaksanaan UNBK Masih Dihantui Oleh Listrik Padam

Siswi SMA Melakukan UNBK

Para pelajar di wilayah itu terpaksa belajar tanpa penerangan yang memadai. Mereka hanya memanfaatkan sinar lampu tradisional. Berupa lampu tempel bersumbu dan berbahan bakar minyak alias lampu teplok.

Salah satu siswa SMK Negeri Bandar, Ema Ambar Sari, menuturkan, persiapan menghadapi unas tahun ini tak bisa maksimal karena pemadaman listrik di wilayahnya hampir terjadi setiap hari.

“Terlebih pemadaman berlangsung lama dari siang hingga malam hari,” ujar Ema.

Seringnya pemadaman listrik di wilayah Kecamatan Bandar, Pacitan ini patut disayangkan. Terutama juga karena mengganggu sumber daya listrik yang menjadi kebutuhan primer menggerakkan setiap aktivitas masyarakat dan tentunya roda perekonomian suatu daerah.

Baca juga : Gelar Rapat Terbatas, Presiden Jokowi Putuskan Tetap Berlakukan Ujian Nasional

Sementara itu, Posko Pengaduan UNBK 2017 menerima banyak pengaduan di hari pertama yaitu 383 laporan. Itu pun baru shift kedua.

Menurut Koodinator Posko Pengaduan UNBK 2017 Kemendikbud Ari Santoso‎, dari 383 pengaduan tersebut, 305 di antaranya sudah diselesaikan. Sisanya masih dalam proses penyelesaian.

“Masalahnya rata-rata karena jaringan saja‎. Jadi ketika perangkat komunikasinya bermasalah, perangkat komputer di sekolah tidak bisa langsung menerima. Namun, ini bisa langsung diselesaikan dengan cara, perangkatnya di-restart,” tuturnya.
(Muspri-sisidunia.com)