Home » News » KPK Minta Tersangka Suap PT PAL Segera Kembali ke Indonesia

KPK Minta Tersangka Suap PT PAL Segera Kembali ke Indonesia



Jakarta – KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap sejumlah pihak di PT PAL terkait dugaan suap pengadaan kapal ke Filipina. Dalam OTT pada Kamis (30/03/2017) lalu itu, KPK berhasil mengamankan uang USD 25 ribu dari tangan Arief Cahyana selaku GM Treasury PT PAL Indonesia.

KPK Minta Tersangka Suap PT PAL Segera Kembali ke Indonesia

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan

“Pada saat itu AC (Arief Cahyana) akan menuju bandara untuk kembali ke Surabaya. Setelah itu terjadi indikasi penyerahan dari AN (Agus Nugroho). Dia adalah swasta. Penyerahan diduga saat keluar dari kantor. Penyidik kemudian mengamankan AC, yang merupakan general manager, di lokasi parkiran,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (31/03/2017).

KPK sudah menetapkan M Firmansyah Arifin selaku Direktur Utama PT PAL Indonesia, Saiful Anwar selaku Direktur Keuangan dan Teknologi PT PAL Indonesia, dan Arief Cahyana selaku GM Treasury PT PAL Indonesia, dan Agus Nugroho dari pihak swasta sebagai tersangka.

Baca juga : Ini Curhatan KPK Beserta Para Penegak Hukum Terkait Napi Koruptor Bisa Plesiran

Diketahui Direktur Keuangan PT PAL Indonesia Saiful Anwar, masih berada di luar negeri. Oleh karena itu KPK meminta Saiful segera pulang ke Indonesia.

“SAR (Saiful Anwar) belum diamankan dalam OTT (operasi tangkap tangan) ini karena masih berada di luar negeri. Kami minta SAR kooperatif dan segera kembali ke Indonesia setelah mendengar informasi ini,” kata Basaria.

Namun Basaria tidak menyebutkan secara spesifik di negara mana Saiful berada. KPK untuk sementara masih melakukan langkah persuasif dengan meminta Saiful pulang ke Indonesia.
(Muspri-sisidunia.com)