Home » News » Kemendagri Soroti Konser Pasha Ungu di Singapura

Kemendagri Soroti Konser Pasha Ungu di Singapura



Jakarta – Kementerian Dalam Negeri tengah mendalami kasus terkait Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said atau Pasha ‘Ungu’ yang melakukan konser di Singapura beberapa waktu lalu.

Kemendagri Soroti Konser Pasha Ungu di Singapura

Seperti diketahui, Usai dilantik menjadi pejabat negara, Pasha masih eksis bersama grup band yang melambungkan namanya, ‘Ungu’. Bahkan, baru-baru ini Pasha baru saja merilis single terbarunya.

Baca juga : Ini Alasan Sandiaga Tak Dampingi Anies Saat Debat Melawan Ahok

“Kita sedang dalami, tim kecil sedang dalami secara khusus,” kata Sekjen Kemendagri, Yuswandi Tumenggung usai Rakor Kepala BPSDM/Badan Diklat se-Indonesia dan Peresmian Gedung Revolusi Mental Center di Kalibata, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Menurut Yuswandi, Kemendagri melihat banyak aspek dalam kasus Pasha ‘Ungu’ ini. Pasalnya, banyak juga pejabat negara seperti kepala daerah dan anggota DPR RI, yang tetap menjalani profesi sebelumnya seperti artis atau presenter.

“Tetapi secara umum, ada code of conduct di dalam tugas penyelenggaraan negara oleh pejabat negara. Pak Pasha adalah penyelenggara negara negara, wakil bupati,” ujarnya.

Kemendagri belum bisa memastikan mengenai sanksi yang akan diberikan Pasha. Lantaran pemberian sanksi bagi pejabat negara harus sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Ada aturannya, kita lihat dalam konteks apa itu. Katakanlah apakah dia memang mengganggu tugas fungsinya selaku pejabat negara. Itu dilihat semua. Tim lagi bekerja,” tegasnya.

Sebelumnya, Pasha dikritik Ketua DPRD Kota Palu, Muhammad Iqbal Andi Magga. Menurut dia, vokalis band ‘Ungu’ itu melanggar etika publik. Sebab, dalam aturannya, wakil kepala daerah tidak boleh terlibat dalam suatu usaha atau badan usaha.

Sanksi terberat yang mengancam Pasha sebagai Wakil Wali Kota Palu terkait dengan pelanggaran yang dilakukan Pasha adalah pemecatan. (bens – sisidunia.com)