Home » News » Presiden Jokowi Sepakat Kerjasama Dengan Prancis Untuk Memberantas Terorisme

Presiden Jokowi Sepakat Kerjasama Dengan Prancis Untuk Memberantas Terorisme



Jakarta – Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Perancis Francois Hollande mempunyai bahasan kerjasama Indonesia dan Prancis Untuk memberantas terorisme, pertemuan mereka diadakan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Presiden Jokowi Sepakat Kerjasama Dengan Prancis Untuk Memberantas Terorisme

Presiden Joko Widodo dan Presiden Perancis Francois Hollande

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan, Indonesia dan Perancis sama-sama pernah menjadi korban aksi teroris.

Dengan demikian, kedua negara sudah memiliki pandangan yang sama tentang pentingnya pemberantasan terorisme yang telah menelan banyak nyawa.

“Ada kesadaran kita bahwa tanpa kebersamaan, terorisme tidak mungkin kita berantas,” kata Wiranto, seusai pertemuan.

Wiranto mengatakan, kesepakatan Indonesia-Perancis untuk memberantas terorisme ini sudah diteken melalui nota kesepahaman.

Nota kesepahaman ini lebih mengatur pada pencegahan dan pemberantasan terorisme yang terjadi di ranah dunia maya atau cyber.

“Dalam pembicaraan tadi mereka (Perancis) menyampaikan penggunaan cyber atau teknologi digital sudah dipakai untuk latihan, penyebaran informasi, opini” ujar Wiranto.

Sementara, Menteri Luar Negri Retno Marsudi mengatakan, kerja sama yang akan dilakukan salah satunya adalah dengan pertukaran intelijen kedua negara.

“Tadi Presiden Hollande juga mengatakan bahwa di Eropa, jumlah penduduk muslim Perancis cukup banyak. Intinya, tidak ada satupun negara yang imun dari serangan teror,” kata Retno.

(bens – sisidunia.com)