Home » News » Ancaman ISIS Kepada Iran dan Ayotollah Ali Khamenei

Ancaman ISIS Kepada Iran dan Ayotollah Ali Khamenei



Teheran – Iran telah mendapat ancaman dari kelompok radikal ISIS  terkait perannya dalam konflik-konflik regional. Pesan ancaman itu disampaikan lewat video propaganda berdurasi 36 menit.

Ancaman ISIS Kepada Iran  dan Ayotollah Ali Khamenei

Gambar Ilustrasi PAsukan ISIS

Video berbahasa Farsi tersebut dirilis pada Senin (27/3/2017) waktu setempat lewat saluran media-media sosial ISIS. Dalam video berjudul: “Tanah Farsi: Mulai Kemarin Hingga Sekarang” itu, tampak seorang pria bertopeng yang menyampaikan pesannya untuk pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

“O, Khamenei… yakinlah bahwa tak lama lagi kami akan menghancurkan rumah Anda seperti ini,” ujar pria tersebut sembari menunjuk reruntuhan di belakangnya seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (28/3/2017).

Beberapa prajurit tampak dipenggal dalam video tersebut, salah satunya mengenakan badge “Ya Hossein”, yang mengindikasikan bahwa dirinya seorang petempur Syiah.

Iran yang mayoritas Syiah, telah menjadi pendukung utama pemerintah Suriah dam Irak seiring upaya mereka untuk memberantas ISIS dan para pemberontak Sunni lainnya. Iran mengerahkan ribuan petempur dan penasihat militernya ke negara-negara tersebut.

Dalam video propaganda ISIS tersebut, Iran juga dituduh menindas Sunni selama berabad-abad. “Kami akan menaklukkan Iran dan mengembalikannya ke negara muslim Sunni seperti sebelumnya,” ujar seorang pria lainnya dalam video itu.

Video tersebut juga mengecam Iran atas toleransinya pada Yahudi. “Iran mengangkat slogan-slogannya yang menentang AS dan Israel untuk menipu Sunni, sementara warga Yahudi Iran hidup dengan aman di Iran di bawah perlindungannya, dan Iran menyediakan kuil-kuil dan gereja-gereja untuk mereka seperti terlihat di Teheran dan Isfahan,” demikian kata narator dalam video tersebut.

( bens – sisidunia.com)