Home » Techno » Per 1 April Google Resmi Tutup Site Search

Per 1 April Google Resmi Tutup Site Search



Jakarta – Baru-baru ini salah satu perusahaan internet terbesar berbasis search engine, Google, memberikan pengumuman bahwa perusahaan berbasis di Menlo Park tersebut akan menutup layanan Site Search miliknya.

Per 1 April Google Resmi Tutup Site Search

Logo Google

Berdasarkan e-mail yang dikirim oleh Google ke pelanggan dan mitranya, layanan ini akan mulai ditutup pada 1 April 2017. Demikian yang dikutip dari laman The Techportal, Minggu (26/3/2017).

Sekadar informasi, Site Search merupakan sebuah layanan yang Google rancang dan buat khusus bagi pemilik laman situs yang ingin menambahkan kemampuan pencarian Google ke dalam situs buatan mereka sendiri.

Karena ditutup, seluruh pengguna Site Search akan dialihkan akunnya layanan pencarian komersil Google lainnya yang bernama Custom Search Engine (CSE). Meskipun keduanya merupakan layanan buatan Google, Site Search dan CSE ternyata memilki perbedaan.

Baca juga : Ingin Maksimalkan Penggunaan Chrome di Android ? Begini Caranya

Contohnya, dengan harga tertentu Site Search dapat menampilkan hasil pencarian dari lama situs lokal. Sedangkan CSE adalah layanan gratis yang dapat menghasilkan uang dengan memasukkan beberapa iklan Google di antara hasil pencarian.

Secara teknis, layanan Site Search ini baru akan ditutup aksesnya secara total pada 1 April 2018, atau ketika akun berbayar yang menggunakan layanan sudah mencapai akhir kontraknya.

Jelang penutupan layanan pada April tahun depan, Google masih akan terus menawarkan pelanggan yang membutuhkan bantuan teknis hingga tanggal yang ditentukan tiba.
(Muspri-sisidunia.com)