Home » News » Curhat Sangat Diperlukan Untuk Mencegah Keinginan Bunuh Diri

Curhat Sangat Diperlukan Untuk Mencegah Keinginan Bunuh Diri



Jakarta – Angka kematian bunuh diri sangat tinggi untuk pria. Penyebab utamanya adalah stres yang berlebihan dan berujung pada depresi.

Curhat Sangat Diperlukan Untuk Mencegah Keinginan Bunuh Diri

Gambar ilustrasi

Saat rasa depresi, pria tidak mengetahui kepada siapa atau ke mana ia akan bercerita tentang tekanan yang sedang hadapinya.

Baca juga : Gara-gara Bersenggolan Motor, Pria di Madura Carok Hingga Tangan Putus

Data dari WHO juga menyebutkan terjadi 804 ribu lebih kasus bunuh diri yang terjadi di dunia. Sebanyak 11,4 per seratus ribu populasi menjelaskan tingkat kematian pria mencapai tingkat 15,0 dibandingkan dengan wanita yang hanya berkisar 8,0.

Usaha untuk melakukan bunuh diri mungkin banyak dipikirkan oleh perempuan tapi usaha tersebut
bisa jadi gagal karena wanita mempunyai rasa takut yang lebih tinggi.

Namun pada pria justru sebaliknya, “Pria lebih memberanikan diri untuk melakukan tindakan tersebut (bunuh diri)” tutur Pengamat Psikologi Sosial, Dr. Endang Mariani Rahayu, M. Si.

Lalu pencegahan apa yang bisa dilakukan?

“Saat ini WHO tengah menggiatkan interkoneksi atau mengobrol,” ujarnya. Jelaskan Anda sedang stres, Anda sedang putus asa, atau bagaimana hidup Anda selama ini.

Dengan mengobrol dengan orang-orang terdekat ataupun teman-teman yang dipercaya dapat membantunya menjadi saluran. “Jadi, lebih pada ke komunikasi sebenarnya,” perjelas Dr. Endang.

Meski demikian, komunikasi merupakan satu-satunya jalan keluar untuk menahan keinginan seseorang untuk bunuh diri. (bens – sisidunia.com)