Home » News » Sebuah Minyak Jenis CPO Tumpah di Pelabuhan Pelindo

Sebuah Minyak Jenis CPO Tumpah di Pelabuhan Pelindo



Jakarta – Sekitar 100 kilogram minyak jenis CPO (crude palm oil) tumpah di Pelabuhan Pelindo Kota Dumai, Riau. Akibat kejadian itu, air laut di sekitar pelabuhan internasional untuk ekspor-impor tercemar.

Sebuah Minyak Jenis CPO Tumpah di Pelabuhan Pelindo

Minyak tumpah di pelabuhan Pelindo

Kapolres Kota Dumai, AKBP Donald Ginting mengatakan, CPO yang tumpah itu diangkut oleh MT ARK Progress yang merupakan kapal berbendera India.

Baca juga : Banyak Aset Pemkot Lepas Ke Pihak Swasta, Tri Rismaharini Mengadu ke KPK

“Kapal itu milik perusahaan PT Naga Mas,” ucap Donald, Sabtu (25/3/2017).

Dia menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 12.00 WIB di Dermaga B Pelindo, Dumai. Saat itu kapal sedang melakukan loading muat minyak CPO dengan volume 4000 ton ke Kapal MT ARK Progress.

Setelah melakukan pengisian CPO, pihak penanggungjawab berencana melakukan pembersihan pipa hubung yang digunakan untuk penyaluran minyak CPO ke kapal. Caranya adalah dengan melakukan penembakan tekanan angin ke dalam pipa.

Namun, lanjut Donald, saat angin ditembakkan pipa penghubung masih tersalur ke dalam tangki, ternyata pihak dari kapal tidak menutup lubang utama (main hole) yang berada di atas kapal.

“Akibatnya minyak CPO yang berada di dalam tangki tampung kapal tersembur ke luar dan tumpah di laut,” tukasnya.

Pihak kepolisian akhirnya melakukan pemeriksaan terhadap petugas kapal PT Naga Mas. Namun, sejauh ini polisi belum menetapkan tersangka.

“Terkait kasus ini kita akan melakukan gelar perkara. Ini dilakukan untuk pembuktian adanya pelanggaran atau kelalaian,” tandasnya.

(bens – sisidunia.com)