Home » News » Demi Selamatkan Anjing, Petugas Pemadam Kebakaran Ini Berikan Nafas Buatan

Demi Selamatkan Anjing, Petugas Pemadam Kebakaran Ini Berikan Nafas Buatan



Jakarta – Seorang pemadam kebakaran di Santa Monica, Amerika Serikat (AS), mendapatkan pujian. Pasalnya, pria bernama Andrew Klein itu memberikan nafas buatan kepada seekor anjing yang menjadi korban kebakaran di sebuah rumah.

Demi Selamatkan Anjing, Petugas Pemadam Kebakaran Ini Berikan Nafas Buatan

Pemadam kebakara yang beri nafas buatan kepada anjing

Anjing bernama Nalu itu ditemukan dalam kondisi tidak sadarkan diri oleh Andrew. Anjing berusia 10 tahun itu sebelumnya merangkak di hampir seluruh area rumah dalam kondisi menghirup asap kebakaran.

Baca juga : Harga Cabe Kini Diklaim Hanya Berkisar Rp 30 Ribu Per Kg

“Dia hampir tidak bernyawa. Saya langsung menggendongnya keluar dari apartemen karena waktu yang sangat berharga, terutama dengan seekor anjing kecil. Kegagalan jelas bukanlah pilihan,” ujar Andrew Klein, mengutip dari BBC, Jumat (24/3/2017).

Sang pemilik, Crystal Lamirande, hanya bisa berlutut dan menangis di samping anjing kesayangannya itu. Andrew Klein memberikan bantuan pernapasan dari mulut selama 20 menit kepada Nalu. Ternyata, upaya tersebut berhasil.

“Setelah 20 menit, anjing itu mulai bernapas sendiri dan sadar secara perlahan-lahan, bahkan mampu berdiri serta berjalan-jalan,” bunyi pernyataan resmi Pemadam Kebakaran Santa Monica. Nalu sekarang sudah sembuh setelah dirawat selama 24 jam di tenda kesehatan.

Crystal Lamirande sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Andrew Klein serta timnya karena berhasil menyelamatkan Nalu. “Tatapan matanya kosong serta tidak bernapas sehingga saya pikir dia sudah mati. Namun, si pemadam kebakaran itu adalah orang yang sangat optimis dan berupaya menyelematkan Nalu,” tutur perempuan yang berprofesi sebagai perawat itu.

(bens – sisidunia.com)