Home » Techno » Robot Baru Buatan NASA Terinspirasi Dari Origami

Robot Baru Buatan NASA Terinspirasi Dari Origami



Jakarta – Eksplorasi tanda-tanda kehidupan di ruang angkasa terus dilakukan guna mencari bukti-bukti nyata untuk keberadaan alien dan adanya dukungan kehidupan bagi manusia. Setelah memiliki robot Curiousity, kini NASA tengah mengembangkan sebuah robot terbaru.

Robot Baru Buatan NASA Terinspirasi Dari Origami

Puffer

Robot yang terinspirasi dari kerajinan melipat kertas asal Jepang, Origami, tersebut dinamakan PUFFER. Robot tersebut nantinya akan bisa menjangkau lokasi yang menjanjikan dan mengeksplorasi tempat-tempat yang terbatas bagi rover yang lebih besar.

“Mereka bisa melakukan ilmu paralel dengan rover, sehingga Anda dapat meningkatkan jumlahnya dalam satu hari,” terang Jaakko Karras, manajer proyek PUFFER ini di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di Pasadena, California. “Kita bisa melihat ini sedang digunakan dalam lokasi yang sulit dijangkau. Dia dikecilkan misalnya.”

Karras mendapat ide dasar tubuh PUFFER ketika bereksperimen dengan desain origami, kata para pejabat NASA. Dia dan rekan-rekannya bertukar kertas sirkuit cetak seperti di smartphone biasa. PUFFER awalnya memiliki empat roda, tetapi desain berkembang menjadi varian roda dua yang rodanya bisa dilipat di atas tubuh, memungkinkan rover sedikit merangkak serta bergulung.

PUFFER juga dilengkapi ekor untuk stabilitas, resolusi tinggi kamera ‘microimager’, dan panel surya di perutnya. PUFFER juga dapat dibalik ketika baterainya perlu diisi ulang. Tim proyek ini telah membangun prototipe PUFFER dan meletakkannya untuk tes.

Selama 18 bulan terakhir, para pejabat NASA mengatakan bahwa PUFFER telah melakukan uji lapangan di Big Bear, California, sebuah resor ski di Grand Junction, Colorado; dan di Gunung Erebus, Antartika, gunung berapi aktif di selatan Bumi. (bens – sisidunia.com)