Home » News » Peringati Hari Air Sedunia, BPPT Umumkan Inovasi Solusi Kendala Air Bersih di Indonesia

Peringati Hari Air Sedunia, BPPT Umumkan Inovasi Solusi Kendala Air Bersih di Indonesia



Jakarta – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengumumkan berbagai inovasi yang tengah mereka godok untuk mengatasi kendala air bersih di Tanah Air. Pengumuman itu dibuat guna memperingati Hari Air Sedunia untuk tahun ini.

Peringati Hari Air Sedunia, BPPT Umumkan Inovasi Solusi Kendala Air Bersih di Indonesia

Rudi Nugroho

Seperti yang diketahui, masih ada beberapa wilayah di Indonesia yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Baik itu karena pencemaran limbah, kekurangan air bersih ketika kemarau, bahkan ketika hujan terkendala masalah banjir.

Direktur Pusat Teknologi Lingkungan (PTL BPPT) Rudi Nugroho, mengatakan salah satu teknologi yang tengah mereka kaji yaitu terapan teknologi Biofiltrasi dan Ultrafiltrasi. Kedua teknologi ini berguna meningkatkan kualitas air baku yang tercemar limbah domestik, untuk selanjutnya diolah menjadi air siap minum.

“Teknologi ini diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan ketersediaan air minum yang layak dan bersih di Indonesia,” kata Rudi, Kamis (23/03/2017).

Baca juga : Tanggul Pantai Mutiara Jebol, Pasokan Air Bersih Jadi Asin

Kemudian, inovasi lainnya yang sedang dipersiapkan, lanjut Rudi ialah untuk perbaikan kualitas air baku PDAM, BPPT mengkaji terapan teknologi online monitoring untuk pengendalian pencemaran air baku.

Lalu, teknologi daur ulang air limbah untuk substitusi kebutuhan air bersih, serta teknologi pengolahan air gambut maupun air payau atau asin untuk masyarakat terpencil serta daerah perbatasan. Dengan berbagai teknologi yang sedang BPPT garap ini, harapan Rudi, adanya sinergi antarberbagai pemangku kepentingan akan ketersediaan air.

“Peringatan Hari Air Dunia ini, harus menjadi momentum bagi semua pihak untuk berkomitmen menjaga air dan lingkungan tetap bersih di Indonesia,” ujar dia.
(Muspri-sisidunia.com)