Home » News » Bocoran Soal USBN Diduga Disebarkan Oleh Tempat Bimbingan Belajar

Bocoran Soal USBN Diduga Disebarkan Oleh Tempat Bimbingan Belajar



Jakarta – Menjelang pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) biasanya mulai terdengar kabar tentang adanya kebocoran soal-soal USBN. Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menduga banyak terjadi kebocoran soal dan kunci jawaban ujian sekolah berbasis nasional (USBN) 2017 di sejumlah daerah.

Bocoran Soal USBN Diduga Disebarkan Oleh Tempat Bimbingan Belajar

Ilustrasi

Berdasarkan laporan yang diterima FSGI, terungkap bahwa para siswa memperoleh bocoran dengan membeli dari tempat bimbingan belajar (bimbel) yang berinisial Q dan IS. Dia menyebut modus pembocoran sama polanya dengan pembocoran kunci jawaban ujian nasional (UN) selama ini.

Yaitu kunci jawaban dikirim melalui aplikasi Whatsapp dan Line. Bedanya, kata Retno, bocoran UN baru dikirim beberapa jam menjelang soal diujikan. Sedangkan kalau USBN siswa sudah memperoleh satu hari sebelumnya. USBN menyediakan empat paket soal, yaitu dua paket soal utama dan dua paket soal susulan.

“Tidak hanya jawaban pilihan ganda, tetapi juga jawaban esai lengkap dengan clue soal sesuai paket yang diterima siswa bersangkutan,” kata Retno, Rabu (23/03/2017).

Baca juga : Ponsel Anaknya Hilang di Kelas, PNS di Aceh Ancam Pelajar Lain Dengan Pistol

Seperti yang diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang berencana mempersiapkan aturan untuk menghukum guru dan sekolah jika terbukti membocorkan soal USBN. FSGI lantas mempertanyakan apakah pemerintah sudah menyiapkan hukuman untuk bimbel dan pihak lain yang membocorkan USBN.

Meski tidak membuka posko pengaduan USBN, FSGI malah menerima laporan dari sejumlah daerah terkait kebocoran soal USBN dari sejumlah daerah, yaitu Pekanbaru (Kepulauan Riau), Kota Medan (Sumatra Utara), Indramayu (Jawa Barat), Kudus dan Pati (Jawa Tengah), Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat (DKI Jakarta), serta Nusa Tenggara Barat (NTB). Ada juga laporan tentang pelaksanaan USBN yang tanpa kebocoran seperti di Tasikmalaya, Bogor, Garut Jambi, dan Bengkulu.
(Muspri-sisidunia.com)