Home » News » Dampak Negatif Peristiwa Alam Equinox Dikhawatirkan Warga Gorontalo

Dampak Negatif Peristiwa Alam Equinox Dikhawatirkan Warga Gorontalo



Jakarta – Beberapa warga di Kota Gorontalo mengaku khawatir dengan adanya dampak negatif, dari peristiwa alam rutin equinox yang akan terjadi pada 20 Maret 2017.

Dampak Negatif Peristiwa Alam Equinox Dikhawatirkan Warga Gorontalo

Equinox

Salah seorang warga setempat, Nuwa Abdulah mengaku khawatir akan isu adanya suhu meningkat tajam pada waktu terjadinya equinox, sehingga bisa mempengaruhi daya tahan tubuh.

“Gorontalo kan memang panas cuacanya, kalau terjadi equinox setahu saya akan makin panas. Takut nanti jadi sakit atau minimal sakit kepala,” ujar Nuwa di Gorontalo, seperti dilansir Antara, Minggu (19/3/2017).

Karena khawatir, Nuwa bahkan berencana tidak keluar rumah pada 21 Maret mendatang, untuk menghindari dampak equinox.

Sementara warga lainnya, Nuryana menilai fenomena equinox tidak perlu dikhawatirkan, namun tetap perlu diantisipasi bila timbul dampaknya pada hari tersebut.

“Saya sih berencana pakai payung dan tabir surya saja, soalnya banyak yang bilang nanti cuaca akan panas. Tapi kalau baca-baca berita lagi, katanya tidak ada dampak berarti. Ya tetap diantisipasi saja,” dia menandaskan.

Sementara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari equinox sebagaimana isu yang berkembang.

Prakirawan BMKG Gorontalo Fathuri mengatakan bahwa panas terik saat equinox tergantung kondisi geofrafis daerah.

“Walaupun matahari berada diatas wilayah kita, faktor musim dan angin berpengaruh mengusir panas terik tersebut. Contohnya di daerah yang banyak angin, di wilayah dataran tinggi, dan daerah yang lagi musim hujan, panas matahari maksimum tidak terlalu berpengaruh,” ujar dia.

(bens – sisidunia.com)