Home » News » Masjid Terapung Akan Ahok Wujudkan di Kawasan Makam Mbah Priuk

Masjid Terapung Akan Ahok Wujudkan di Kawasan Makam Mbah Priuk



Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok melakukan ziarah sekaligus meresmikan Maqom Habib Hasan Bin Muhammad Al Hadad (Mbah Priok), di Koja, Jakarta Utara sebagai cagar budaya. Dengan jumlah pengunjung perminggu yang mencapai 10-15 ribu, menjadi alasan Ahok menjadikan makam Mbah Priok sebagai cagar budaya.

Masjid Terapung Akan Ahok Wujudkan di Kawasan Makam Mbah Priuk

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Habib Hasan di Makam Mbah Priuk

“Bagi kami Ini adalah tempat destinasi wisata religius yang baik. Bukan dibuat-buat karena memang sudah puluhan tahun. Bahkan dari luar negeri juga datang,” ungkap Ahok beberapa waktu yang lalu.

Di area makam seluas 3,4 hektar ini, Ahok berencana membangun kawasan Makam Mbah Priuk dengan tatanan yang sesuai dengan permintaan habib Sting. Setelah diresmikan menjadi cagar budaya dan disertifikasi atas nama yayasan Mbah Priok kedepan tidak ada yang bisa merebut dan menjualnya.

“Siapapun tidak bisa merebut atau menjual, apalagi ini sudah ditetapkan sebagai kawasan yang diberlakukan situs cagar budaya dan dilindungi, sehingga tempat ini tidak bisa lagi diperjualbelikan,” kata Ahok.

Baca juga : Jangkau Lapisan Bawah, Ahok Ingin Bangun Bioskop di Pasar

Ahok juga mengungkapkan bahwa tidak hanya Makam Mbah Priuk yang nantinya akan dijadikan cagar budaya. Namun saat ini prosesnya tengah dalam pengajuan kepada Kementerian Pariwisata agar dapat menjadi destinasi wisata religi.

Basuki atau akrab disapa Ahok ini mengatakan, dirinya memang belum menetapkan kawasan Makam Mbah Priuk sebagai cagar budaya. Tetapi dia memberikan jaminan perlindungan sementara selama proses pengajuan tersebut, tanah Makan Mbah Priuk tak lagi bermasalah.

“Menunggu penelitian ini cagar budaya supaya tidak ada yang membongkar. Dua tempat di utara ada Makam Mbah Priuk dan Masjid Luar Batang. Dua masjid ini mau kita bangun,” katanya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengaku nantinya masjid di kawasan Makam Mbah Priuk sesuai dengan amanat Habib Hasan. Di mana masjid akan dibangun terapung di atas danau.

“Habib Hasan (Mbah Priuk) minta masjid di Mbah Priuk di bangun di atas danau. Mbah Priuk yang kasih pesan itu. Masjid terapung. Ya kita bangun begitu,” tutupnya.
(Muspri-sisidunia.com)