Home » Techno » Simak, Bisakah Menambah RAM di Smartphone ?

Simak, Bisakah Menambah RAM di Smartphone ?



Jakarta – Seringkali kita membutuhkan ruang aplikasi di smartphone yang dicukup besar dikarenakan kebutuhan aplikasi yang akan kita pakai untuk smartphone juga semakin banyak. Aplikasi yang paling dibutuhkan saat ini adalah aplikasi yang berbasis media sosial seperti facebook, instagram, path, dan lain-lain dimana aplikasi-aplikasi tersebut menyedot banyak ruang di smartphone.

Simak, Bisakah Menambah RAM di Smartphone ?

Ilustrasi

Ruang aplikasi yang ada di smartphone biasa disebut RAM dan ROM. RAM merupakan salah satu komponen di smartphone yang pada dasarnya tidak bisa diotak-atik. RAM berbeda dengan memori internal (ROM), yang bisa ditambah kapasitasnya dengan memasang kartu microSD, bila slot untuk kartu microSD itu tersedia.

Meski demikian, sekadar untuk informasi saja, saat ini sejumlah pengembang menyediakan tutorial dan aplikasi cara “menambah” kapasitas RAM dengan memanfaatkan kartu microSD. Sebut saja aplikasi RAM Expander dari ROEHSOFT, yang tersedia di Google Play sebagai aplikasi berbayar. ROEHSOFT mengklaim aplikasi besutanya mampu “menambah” kapasitas RAM hingga 4GB.

Baca juga : Kamera Termal Dapat Menguak Sandi Dengan Melihat Jejak Panas Sidik Jari

Namun tentunya cara ini mengandung risiko dan kami sendiri belum pernah mencobanya. Sang pengembang aplikasi juga menegaskan bahwa pihaknya tidak bertanggung jawab atas kerusakan apa pun yang mungkin saja terjadi dari penggunaan aplikasi ini.

Kalau sekadar untuk coba-coba, menambah pengalaman, dan menghilangkan penasaran, kamu bisa mencari tutorialnya di Google dan menjajalnya di smartphone Android lama yang sudah tidak kamu pakai.
(Muspri-sisidunia.com)